Lihat ke Halaman Asli

Karakteristik Media Pembelajaran

Diperbarui: 7 Oktober 2024   07:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Media secara umum adalah salah satu alat untuk menyampaikan informasi atau pesan dari pihak kesatu ke pihak kedua, dan media digunakan sebagai alat komunikasi termasuk di dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Kata media pembelajaran diambil dari dua  kata yaitu media dan pembelajaran 

Media berasal dari bahasa latin yaitu medius yang artinya perantara dan di dalam bahasa Inggris kata media adalah bentuk jamak dari kata medium yang berarti pengantar atau saluran sedangkan di dalam bahasa Arab kata media bersinonim dengan kuasa yang berarti sarana atau jalan (sadiman Raharjo dan haryono 2014 74.2 1069)

Ada beberapa definisi yang mengemukakan tentang media adalah setiap orang, bahan, alat atau peristiwa yang membuat siswa untuk menerima pengetahuan keterampilan dan sikap dalam beberapa arti tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa media adalah perantara sarana alat dan saluran komunikasi.

Di dalam media pembelajaran media merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat membangkitkan perhatian minat pikiran dan perasaan kepada siswa dalam kegiatan belajar dalam mencapai tujuan.

Media pembelajaran tidak bisa dipisahkan dari proses belajar mengajar dan pemilihan serta penggunaan media yang baik untuk menyampaikan pelajaran yang bisa membuat informasi dan pengetahuan sebagai cara untuk aktivitas belajar (membaca, mengamati,  mencoba, mengerjakan soal, menjawab pertanyaan, memberikan ide dan lain sebagainya).

Pada saat ini sesuai dengan perkembangan zaman media pembelajaran semakin maju dan berkembang dengan pesatnya dengan perangkat digital atau media digital. 

Sebagai contoh perangkat digital adalah komputer tablet smartphone kamera digital, jam digital, dan TV digital alat tersebut sering digunakan untuk perangkat dalam pengoperasian media pembelajaran digital.

Sedangkan pembelajaran non digital antara lain berkas foto digital, poster digital, komik digital, berkas audio dan video digital serta dokumen-dokumen digital lainnya sebagai sarana untuk menampilkan informasi dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran dari bentuknya dapat dikelompokkan menjadi::

  • Media visual

Media visual adalah media yang menampilkan dalam bentuk yang hanya dapat dilihat atau dibaca dengan menggunakan mata contohnya gambar, foto, grafik, diagram, bagan, poster, kartun, komik, buku, majalah, dan lain sebagainya.

  • Media audial
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline