Lihat ke Halaman Asli

Shafa Hanifah Ayu Wulandari

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Pencegahan Nikah Muda Dapat Dimulai dari Orangtua? Ini Tip dan Trik dari Mahasiswi UNDIP untuk Kelurahan Krobokan!

Diperbarui: 12 Agustus 2022   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Krobokan, Semarang (18/7) Mahasiswi Fakultas Psikologi Undip memberikan pengalaman tidak terlupakan untuk warga RW 06 Kelurahan Krobokan, Kec. Semarang Barat. Hal ini turut disampaikan oleh Kepala RW 06 Kelurahan Krobokan, "terima kasih banyak saya ucapkan kepada adik-adik mahasiswa yang sudah membantu turut serta untuk membagikan ilmu dan monitoring terkait pengetahuan edukasi seks kepada orang tua yang memiliki anak berusia remaja" 

Tingkat pernikahan dini mulai meningkat seiring berjalannya tahun. Hal ini, juga terjadi di Kelurahan Krobokan. Salah satu penyebab dari pernikahan dini itu sendiri adalah adanya pergaulan bebas dari seorang anak yang terlepas dari pengawasan orang tua. Oleh karena itu, mahasiswi Fakultas Psikologi Undip berinisiasi untuk mengadakan "Bimbingan Edukasi Seks kepada Orang Tua yang Memiliki Anak dengan Usia Remaja". 

Bimbingan yang diberikan diawali dengan presentasi mengenai bagaimana caranya mendidik anak usia remaja, terutama di zaman sekarang sesuai dengan teori psikologi, setelahnya para orang tua akan diberikan materi PPT yang berbentuk hardfile agar dapat dibaca dan langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari - hari. 

Tak lupa, mahasiswi Fakultas Psikologi Undip juga turut serta dalam memonitoring orang tua yang sudah menerapkan bimbingan edukasi seks kepada anaknya. Harapannya, orang tua yang hadir dalam penyuluhan dapat menyebarluaskan cara bimbingan edukasi seks yang sudah diberikan dan anakpun lebih mudah menaati apa yang dikatakan oleh orang tua. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline