Lihat ke Halaman Asli

Pemimpin di Era Modern

Diperbarui: 6 November 2015   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

 

Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi atau menggerakkan orang lain untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan. Menjadi pemimpin tidaklah mudah, apalagi di era modern seperti sekarang ini. Zaman terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu, begitu juga dengan gaya kepemimpinan. Menjadi pemimpin di era modern bercirikan dengan pandainya pemimpin tersebut dalam mengimplementasikan teknologi dalam mewujudkan visi dan misi. Selain itu, pemimpin di era modern juga harus mempunyai beberapa karakter agar kepemimpinannya dapat berhasil.

Karakter yang pertama adalah seorang pemimpin modern harus memiliki kesadaran penuh akan kondisi dan kenyataan saat ini dan memberikan perhatian penuh untuk itu. Sehingga pemimpin modern akan menyusun visi dan misi yang relevan dengan situasi yang ada. Seorang pemimpin modern akan menyadari apa yang terjadi hari ini adalah cikal bakal untuk masa depan.

Karakter selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin modern adalah cerdas. Seorang pemimpin modern haruslah cerdas dan berwawasan serta berpengetahuan luas. Karena dengan hal ini, seorang pemimpin akan mudah untuk mempengaruhi dan menggerakkan anggotanya agar cita-cita dan tujuan bersama dapat tercapai. Karakter lain yang harus dimiliki oleh pemimpin modern adalah jujur dan dapat dipercaya. Seorang pemimpin modern harus bersikap jujur jika ingin dipercaya oleh banyak orang. Ketika masyarakat mengakui, bahwa dia memiliki karisma dan kejujuran masyarakat akan mempercayai dia untuk menjadi pemimpin yang diidam-idamkan. Masyarakat menyerahkan segala urusannya kepada dirinya karena ia selalu dapat memegang amanah kepercayaan tersebut.

Rasa ingin tahu juga merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin modern. Pemimpin modern yang memiliki rasa ingin tahu akan suka mengeksplorasi hal-hal baru serta bisa nyaman di luar comfort zone-nya. Setiap pemimpin modern akan selalu melihat dan mencari solusi. Mereka percaya akan seni dalam menciptakan sebuah kemungkinan.

Karakter lain yang harus ada dari seorang pemimpin modern adalah ahli dalam membuat startegi. Seorang pemimpin seharusnya identik dengan seorang ahli strategi. Maju mundurnya sebuah perusahan, sukses dan gagalnya pekerjaan di kantor amat ditentukan oleh strategi seorang pemimpin. Peranan pemimpin besar sekali, semua kebijakan berasal darinya. Karena itu seorang pemimpin harus memiliki keahlian dalam berstrategi. Strategi itu hanya dapat dibuat jika pemimpin mempunyai kemampuan yang mumpuni.

Karakter yang terakhir adalah pandai dalam menyusun skala prioritas. Strategi tidak dapat dipisahkan dari skala prioritas. Ketika seorang pemimpin menyusun strategi, secara tidak langsung mestinya ia juga menyusun skala prioritas. Hendaknya seorang pemimpin dalam menjalankan aktivitas kepemimpinannya selalu berpedoman pada skala prioritas. Ia harus tahu membedakan mana persoalan yang krusial dan minta penanganan cepat dan mana persoalan yang boleh dikerjakan kapan saja. Kemampuan menyusun skala prioritas ini sangat besar artinya bagi perkembangan perusahan atau organisasi yang dipimpinannya. Berhasil tidaknya seorang pemimpin dalam menyusun skala prioritas akan besar pengaruhnya terhadap kinerja anak buahnya. Skala prioritas ini akan sangat memudahkan pemimpin dalam mengelola potensi yang dimiliki. Kemampuan seorang pemimpin yang mengelola potensi yang diimbangi dengan keterampilannya dalam menyusun skala prioritas merupakan salah satu faktor penting bagi seorang pemimpin.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin akan dapat berhasil dalam memimipin di era modern jika memiliki karakter-karakter yang telah disebutkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline