Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Asupan Gizi Seimbang pada Ibu Bayi dan Balita di Posyandu Bina Karya Kelurahan Jabungan

Diperbarui: 29 Desember 2022   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pengetahuan ibu balita merupakan salah satu faktor yang berkaitan dengan kejadian stunting. Rendahnya pengetahuan ibu mengenai pola asuh dan penerapan pola makan pada anak dapat berdampak terhadap implementasi pemenuhan asupan nutrisi bagi anak. Berdasarkan obeservasi yang dilakukan di lapangan, masih terdapat ibu yang belum memahami tentang kebutuhan nutrisi sang buah hati serta masih tinggi kepercayaan terhadap kebudayaan yang diberikan secara turun-menurun terkait pola asuh anak.

Menurut WHO edukasi merupakan suatu proses dalam meningkatkan kontrol dan merupakan upaya memperbaiki kesehatan, baik bagi individu maupun masyarakat. Dimana edukasi ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap pola perilaku ataupun pola hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka.

Pelaksanaan program kerja asupan gizi seimbang pada ibu bayi dan balita dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Desember 2022 di Posyandu Bina Karya Jabungan dengan jumlah peserta edukasi sebanyak 5 ibu bayi dan balita yang hadir saat kegiatan posyandu. Kegiatan dimulai dengan memberikan pre-test kepada ibu bayi dan balita sebanyak 5 soal yang berkaitan dengan pemenuhan gizi seimbang pada anak. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi diselingi dengan sesi tanya jawab terkait materi yang diberikan. Terakhir, kegiatan ditutup dengan pemberian post-test untuk ibu bayi dan balita untuk mengukur tingkat pengetahuan ibu setelah dilakukan edukasi serta pembagian poster tentang pedoman gizi seimbang dalam praktik Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA).

Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan, terdapat kenaikan tren dari pre-test dan post-test yang dilakukan oleh ibu bayi dan balita di Posyandu Bina Karya Jabungan. Kenaikan tren pengetahuan ibu diharapkan dapat menjadi dasar dalam pelaksanaan pemberian makanan pada anak dengan memperhatihan asupan nutrisi dari makanan yang diberikan.

Dilaksanakan oleh      : Shabrina Nuril Zhafira -- Mahasiswa FKM UNDIP 2020

Dosen Pembimbing    :

  • Dr. Cahya Tri Purnami S.KM., M.Kes
  • Aditya Kusumawati S.KM., M.Kes
  • Eka Yunila Fatmasari S.KM., K.Kes



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline