Lihat ke Halaman Asli

shabrina firdausy

Writer - @firdsyshabrina

Resep Kue Klepon, Jajanan Tradisional Cocok Disantap saat Syukuran Peringatan Kemerdekaan RI

Diperbarui: 29 Juli 2023   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Pexels.com

Jelang 17 Agustus peringatan kemerdekaan RI, terlintas satu makanan khas nusantara yang satu ini. Klepon, jajanan tradisional yang miliki rasa manis dan khas terbuat dari olahan tepung beras ini ternyata memang sudah jadi obyek kuliner Nusantara sejak beratus-ratus tahun silam. 

Konon, klepon ini berasal Jawa tapi juga dikenal di Sumatra dan Sulawesi. Bahkan klepon juga sampai ke Malaysia yang mereka sebut onde-onde. 

Bahan utama dari makanan ini yaitu tepung beras ketan, daun pandan, dan gula aren atau gula merah. Sehingga, biasanya Klepon ini bewarna hijau, bertabur kelapa muda parut yang gurih, dan berisi kinca atau gula merah cair. Ketika dimakan, gula merah yang ada di dalam klepon akan luber dan meleleh di mulut. 

Jajanan yang satu ini juga sangat cocok disajikan saat mengadakan syukuran ataupun sebagai camilan harian bersama keluarga. Selain itu, resep dan cara pembuatan Klepon juga sangat mudah lho gais. Bahannya juga mudah didapatkan di pasar atau toko sekitar kita. Berikut resep klepon yang bisa dicoba dirumah ala Chef Devina dikutip langsung dari kanal YouTube Chef Devina:

Bahan adonan:

200 gr tepung beras ketan

50 gr tepung beras

250 ml air

30 gr gula pasir

sdt perisa pandan

1 tetes pewarna kuning, opsional

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline