Lihat ke Halaman Asli

Shabrina Amel

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mengembangkan Minat Anak SD dalam Dunia Programming melalui Kegiatan PMM UMM

Diperbarui: 19 September 2023   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PMM UMM kel. 98 gel. 6 - Dok. pribadi

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu program yang serupa dengan program KKN, dengan tujuan untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat serta memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pada bulan Agustus tahun 2022, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan kegiatan PMM. Salah satunya adalah kelompok 98 gelombang 6 dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Sofyan Arifianto, S.Si., M.Kom, yang sangat berperan penting dalam memberikan arahan dan dukungan kepada tim pengabdi kelompok 98 gelombang 6. Tim pengabdi kelompok 98 gelombang 6 ini melaksanakan kegiatan PMM di SD Muhammadiyah 08 Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, dengan fokus sasarannya adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau.

PMM UMM kel. 98 gel. 6 - Dok. pribadi

Tim Pengabdi dari kelompok 98 gelombang 6 ini mengangkat tema "Penguatan Kompetensi Digital dan Budaya Literasi Melalui Program Pendidikan dan Pengembangan," dengan salah satu program kerja yang menjadi fokus utama kelompok ini adalah pengenalan coding kepada siswa. Dalam program kerja pengenalan coding ini, tim pengabdi mengajarkan pemrograman kepada siswa dengan tujuan mengasah kemampuan berpikir analitis serta kreativitas. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan minat dalam dunia pemrograman.

PMM UMM kel. 98 gel. 6 - Dok. pribadi

Langkah awal yang diambil dalam program Pengenalan Coding ini adalah dengan memberikan penyuluhan kepada siswa tentang konsep dasar coding, perangkat lunak yang digunakan untuk coding, dan manfaat coding. Selanjutnya, tim pengabdi menjelaskan tentang perangkat lunak Scratch yang dapat diakses dengan mudah melalui tautan berikut: https://scratch.mit.edu/, yang digunakan untuk praktik coding. Tim mengajak siswa untuk berkreasi dan menciptakan game sederhana yang memungkinkan mereka untuk langsung melihat hasil dari usaha kreatif mereka sendiri. 

Saat kegiatan berlangsung, siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau sangat antusias terhadap game yang mereka buat sendiri. Setelah berhasil mengikuti arahan dari tim pengabdi dan game sudah berhasil mereka buat, siswa juga mengeksplorasi karyanya sendiri dengan mencoba untuk menciptakan variasi dan perbaikan pada game yang telah mereka buat. 

Semangat eksplorasi ini menunjukkan bahwa minat mereka dalam dunia pemrograman telah tumbuh dan mereka merasa bangga atas hasil karya mereka sendiri. Melalui pendekatan yang santai, interaktif, dan terarah, program Pengenalan Coding ini telah mencapai tujuannya dalam menginspirasi minat siswa terhadap dunia pemrograman.

PMM UMM kel. 98 gel. 6 - Dok. pribadi

Dengan demikian, kami mahasiswa PMM UMM kelompok 98 gelombang 6 berharap program PMM ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau, tetapi juga memberikan kontribusi yang berkelanjutan dalam mengembangkan minat anak-anak dalam dunia pemrograman, dan siap menghadapi tantangan digital di masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline