Lihat ke Halaman Asli

shafira adlina

Seorang Mamah Blogger, Asesor dan Fasilitator.

Soto Nusantara dan Kenangan Tiada Tara

Diperbarui: 12 September 2021   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

soto mie (idn times)

Apa yang kalian pikirkan begitu mendengar kata soto? Soto adalah makanan nusantara dengan ragam variasinya. Sampai-sampai ada matriks bumbu dasar dan 25 jenis soto nusantara. Ini bukti betapa banyaknya ragam soto di Indonesia.Saya dan soto memiliki hubungan yang cukup serius. Dari kecil, soto ini selalu hadir dalam keseharian saya. Ia menjadi penyelamat ketika kami kebingungan lauk apa. Sebagai anak dari pasangan seorang guru yang harus mendidik anak-anak orang lain juga, makan siang saya dan saudara saya sering dipenuhi dengan kuliner warung nasi dan abang-abang gerobak.

Soto mie bogor, soto ayam lamongan dan soto betawi adalah tiga soto utama yang bertemu di harian saya. Begitu juga setelah menikah. Ketiga jenis soto ini begitu akrab dengan perut saya, suami dan anak-anak.

Matriks Bumbu Soto dari lokadata

Risol dan Soto Mie Bogor

Jika teman-teman yang tinggal di sekitar Jawa Barat tentu tidak asing dengan lauk yang berkuah ini. Saya lebih sering memesan soto mie ini dengan tambahan risol isi bihunnya. 

Potongan-potongan gorengan yang disiram dengan kuah kaldu kaki sapi khas dari soto mie ini memberikan sensasi yang berbeda. Ketika memakan satu porsi soto mie dengan anak saya yang berumur 2 tahun, ia selalu berkata-kata "ricol-ricol". Maksudnya ia minta lagi disuapi risol.

Soto Ayam Lamongan

Soto ayam ini paling banyak saya temui. Ketika dulu di Bekasi, maupun saat tinggal di Jakarta saat ini. Kuahnya yang sangat banyak, bihun, tauge yang pendek-pendek dan bubuk koyanya merupakan kekhasan jenis soto ini. 

Walaupun saya merasa bahwa ayam hanyalah formalitas berada di dalam lautan air soto ini. Lauk ini pun sering menjadi penyelamat perut-perut kami ketika bingung mau makan apa.

Soto Betawi

Ketika saya duduk di bangku sekolah, lauk soto betawi ini sangatlah istimewa. Mungkin kami membelinya satu-dua minggu sekali. Karena lauk ini dulu harus dibeli toko yang agak jauh dari rumah. 

Mamah kami biasa membelikannya jika sepulang mengajar di sekolah mampir ke pasar yang arahnya berlawanan dengan rumah. Jadi rasanya istimewa sekali memakan panganan ini. 

Namun, sekarang sudah banyak abang-abang di pinggir jalan, hingga restoran yang kekinian yang menjual menu soto betawi ini. Harganya pun beragam dari yang 15 ribu rupiah per mangkok hingga di atas 50 ribu rupiah.

Konon, katanya lebih enak soto betawi ini yang dipakai dengan campuran susu dan santan. Bukan hanya dengan santan saja sebagaimana aslinya.

Penutup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline