Lihat ke Halaman Asli

Peringatan Hari Air Sedunia, Komunitas di Balikpapan Tuang Eco Enzyme pada Waduk

Diperbarui: 21 Maret 2022   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Perkumpulan Eco Enzyme Nusantara adalah Komunitas yang memiliki kepedulian akan masalah lingkungan hidup. Saat ini dengan semakin tingginya ancaman dari Pemanasan Global, komunitas berusaha terus menggerakkan relawan Eco Enzyme Nusantara untuk melakukan sosialisasi untuk pengolahan sampah organik rumah tangga. Saat ini komunitas Eco Enzyme Nusantara sudah berkembang di berbagai Provinsi di seluruh Indonesia. 

Berbagai upaya dilakukan komunitas guna mengurangi  sampah yang tidak dikelola dengan baik, khususnya sampah organik. Sosialisai ke masyarakat terus dilakukan, dari cara mengolah sampah organik menjadi cairan serba guna, hingga pemanfaatan nya yang beragam. 

Eco Enzyme merupakan cairan yang di fermentasi selama 3 bulan, adapun bahan yang di olah menjadi Eco Enzyme adalah sampah organik ( sisa sayur dan buah yang masih segar) Gula merah atau molase, dan Air. 

Manfaat Eco Enzyme banyak sekali, dan salah satunya adalah menjaga kualitas air. 

Saat ini dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia pada tanggal 22 Maret 2022 Komunitas Eco Enzyme melakukan aksi gerakan sederhana yaitu dengan menuang Eco Enzyme secara serentak pada Waduk Melawai 2 yang terletak di kawasan kecamatan Balikpapan Selatan. 

Ketua Eco Enzyme Balikpapan Michelle Mimi, mengajak serta beberapa Team Adiwiyata sekolah untuk bersama sama melakukan kegiatan ini. Sekolah yang berpartisipasi diantara nya SDN 009 Balut, SDN 001 Balut, SDN 004 Balut, SDN 020 Balut, SDN 003 Balut, SDN 023 Balut, SDN 016 Balut, SDN 001 Balteng, SDN 019 Baltim, SDN 002 Balkot. Tidak hanya itu, Team dari Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup juga turut hadir serta mendukung kegiatan ini. 

Menurut paparan Pak Abdul Rahman selaku ketua panitia kegiatan ini sekaligus Ketua Bank Sampah Kota Hijau Balikpapan, Penuangan Eco Enzyme ini bertujuan untuk mengurangi tingkat pencemaran air, dan mengurangi mikroba yang tidak baik serta membuat ekosistem di dalam waduk menjadi lebih baik. 

Dengan peringatan Hari Air Sedunia mengingatkan kita sebagai warga Global untuk pentingnya melestarikan Air. Merupakan kewajiban kita bersama untuk mengelola air sebaik mungkin agar terhindar dari krisis air di masa sekarang ataupun masa yang akan datang. 

Ayo terus lakukan kebaikan tuk pulihkan Bumi, tidak hanya aspirasi saja tetapi juga dengan tindakan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline