Lihat ke Halaman Asli

SeverinoLH

Active Talker

Jalan-jalan Jadi Uang

Diperbarui: 12 Januari 2021   05:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.unsplash.com/Jordan Opel

Ada yang bilang "asal otak berpikir, batu pun akan jadi uang". Ungkapan tersebut sesungguhnya memang benar adanya. Apapun itu, selama kita berpikir dengan otak ini, kita akan dapat menemukan celah bisnisnya. 

Sekarang ini tengah ramai diperbincangkan di kalangan anak muda tentang hobi yang menjadi ladang penghasilan. Hal itu bukanlah mustahil. Sudah banyak orang yang membuktikan bagaimana ia bisa mendapatkan penghasilan dari hobinya. 

Beberapa tahun belakangan menjadi seorang kreator konten di YouTube merupakan primadona. Ketika mereka yang gemar membuat ragam konten masing-masing sukses meraup penghasilan yang besar dari adsense. Dan yang terbaru saat ini adalah para pemain e-sport. Gemar bermain gim daring ternyata bisa menjadi ladang penghasilan bagi mereka. Pendapatan mereka bahkan terbilang cukup besar. 

Selain itu adapula hobi yang bisa menjadi ladang penghasilan. Pernah dengar ada orang-orang yang dibayar untuk jalan-jalan? Tapi ini bukan tentang para selebriti yang membawakan program traveling. Ini tentang orang yang memang hobi jalan-jalan, dan dari situ ia menemukan peluang untuk jalan-jalan sekaligus mendapatkan uang. 

Berawal dari gemar mengelilingi objek wisata, ada yang akhirnya terjun menjadi seorang pendamping tur. Adapula yang pergi jalan-jalan dan menulis artikel perjalanannya itu ke blog. Dari setiap visitor blog itu ia mendapatkan penghasilan dari pengiklan ataupun adsense.

Biasanya ada beberapa genre, ada yang murni artikel ulasan perjalanan, ada juga yang menyorot ke kulinernya. Atau yang lebih variatif lagi, ada yang menuliskan apapun yang bisa menjadi ulasan untuk artikel di blognya tersebut. 

Bagaimana hobi jalan-jalan bisa menjadi uang kembali lagi pada diri setiap orang. Ada yang beruntung direkrut oleh instansi tv untuk menjadi pembawa acara jalan-jalan, ada pula yang mandiri seperti penulis blog, atau artis medsos yang mempromosikan sesuatu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline