Lihat ke Halaman Asli

Menjadi Pengusaha Muda

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada masa muda pemikiran itu masih jernih,mudah berpikir dan mudah mendapatkan ide-ide baru.Seseorang tidak bisa hidup dengan berpangku tangan saja. Semua butuh kerja keras untuk menghidupi kebutuhan hidup . Banyak yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup misalnya dengan bekerja pada orang lain alias jadi seorang karyawan atau dengan berwirausaha. Sekarang ini kehadiran seorang wirausahawan sangat dibutuhkan, salah satunya untuk membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lowongan pekerjaan baru.Menjadi seorang wirausahawan itu tidaklah semudah seseorang membalikan telapak tangan karena semua itu membutuhkan proses dan usaha yang keras untuk membangun bisnis yang sukses.

Banyak orang yang berminat dan berniat untuk menjadi pengusaha yang sukses, namun hanya sedikit saja yang berhasil mewujudkan dirinya menjadi pengusaha sukses. Dalam hal ini modal utama yang harus dimiliki adalah kemauan. Pepatah yang mengatakan “dimana ada kemauan disitu ada jalan” memang benar adanya. Namun untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tidak hanya kemauan yang kuat yang diperlukan.

Untuk menjadi seorang wirausahawan, pendidikan yang tinggi bukanlah modal awal dalam mencapai kesuksesan. Tetapi yang menjadi modal awal untuk wirausahawan adalah kemauan, ide, peluang, kreatifitas dan inovasi. Lulusan SMA biasanya ada yang melanjutkan dengan berkuliah, menikah, dan bekerja atau menitih karir sendiri.Menjadi wiraswasta dalam usia muda lebih tepatnya lulusan SMA itu sangat berguna dengan tujuan untuk mengurangi beban orang tua, memperbanyak relasi(teman), dapat menghasilkan penghasilan sendiri, membuat pridadi menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dan dapat merasakan betapa sulitnya untuk mencari uang atau penghasilan dari hasil keringat diri sendiri. Semua itu dibutuhkan semangat, kerja keras, tidak mudah putus asa, kreatif, dan dapat memanfaatkan peluang yang ada serta doa sebagai memperlancar semuanya. Jadi jangan takut menjadi pengusaha muda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline