Lihat ke Halaman Asli

Setyo Haryono

Pegiat Literas | Fasilitator Pemberdayaan | Pemerhati Pendidikan

Filosofi Ilmu Menurut Kitab Durratun Nasihin

Diperbarui: 10 Juli 2024   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Buku sebagai media ilmu/dokpri

Manusia dan ilmu adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan, keduanya saling mengait satu sama lain. Kebutuhan manusia akan ilmu merupakan suatu keniscayaan, kades manusia pada fitrahnya adalah mahluk yang diberi indra paling istimewa, yakni Hati dan akal.

Karena akalnya manusia Bisa membedakan mana kesalahan dan kebenaran. Karena hatinya manusia bisa memiliki empati, simpati dan peduli.

Pengertian ilmu 

Lantas, apa yang dimaksud dengan Ilmu itu? Oke mari kita kaji dalam perspektif bahasa dan filsafat. Makna lmu secara bahasa berasal dari bahasa Arab (belajar). Yang terdiri dari tiga huruf yakni:  ('Ain) (Lam) dan ( Mim).

Lalu bagaimana menurut Kitab Durratun Nasihin yang berisi 75 bab tentang hikmah, karya Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khubawi?. 

Dalam Bab Ilmu beliau memberikan penjelasan singkat tentang hakikat ilmu.  Dari asal kata ilmu sebagimana disebut diatas. Setiap huruf memiliki makna dan hakikat tersendiri. Yakni:

  • Huruf ('Ain) = 'Iliyyun , yang maknanya bahwa orang yang berilmu akan diangkat derajatnya, baik di dunia maupun di akhirat. Hal itu selaras dengan firman Allah dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11 : "Allah Angkat meninggikan Derajat orang beriman dan berilmu beberapa tingkatan".
  • Huruf (Lam)= /Lathifun, yang memiliki makna Lemah lembut. Artinya dengan ilmu pengetahuan seseorang bisa menjadi bijaksana dalam menyusun kehidupan. Pola pikirnya terbuka. Lebih lanjut, orang berilmu tidak akan bertindak semena-mena. Dia mampu menempatkan diri Secara proporsional. Sadar diri, sadar posisi dan sadar peran.
  • Huruf (Mim) =   /Mulkun, Yang berarti derajat kekuasaan yang didalamnya memiliki kekuatan. Hal ini selaras dengan ungkapan filosof Perancis Michelle Foucolt dalam karyanya, Arkeologi Pengetahuan. Ia menyebut bahwa Knowledge Is Power, pengetahuan adalah kekuatan.


Kisah Ratu Bilqis dan Nabi Sulaiman 

Dikisahkan, bahwa suatu waktu malaikat Jibril menawarkan dua hal kepada Ratu Bilqis dan Nabi Sulaiman. Jibril bertanya kepada keduanya: 

"Jika suruh memilih, antara kerajaan dan ilmu mana yang akan kalian pilih?"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline