Lihat ke Halaman Asli

Anggaran dan Sumber Pembiayaan Pembangunan Sumenep

Diperbarui: 11 Mei 2024   05:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Anggaran dan Sumber Pembiayaan Pembangunan Sumenep

Pembangunan di Kabupaten Sumenep telah menjadi fokus utama bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan kemajuan ekonomi. Dalam rangka mencapai tujuan ini, pemerintah telah mengalokasikan dana yang signifikan untuk berbagai proyek pembangunan di wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa contoh artikel anggaran dan sumber pembiayaan yang digunakan dalam pembangunan Sumenep.

Pengalokasian Anggaran Belanja Modal

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Wiraraja Sumenep pada tahun 2015 menemukan bahwa pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah berpengaruh terhadap pengalokasian anggaran belanja modal di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan data pertumbuhan ekonomi (PDRB) Sumenep dari tahun 2009 hingga 2013 dan laporan Realisasi APBD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumenep mengalami peningkatan, dengan tingkat pertumbuhan tertinggi yang terjadi pada tahun 2013 sebesar 6,44%. Hal ini disebabkan oleh perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi di wilayah tersebut meningkat.

Sumber Pembiayaan

Pemerintah telah menggunakan berbagai sumber pembiayaan untuk mendukung pembangunan di Sumenep. Salah satu contohnya adalah skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), yang memungkinkan pemerintah bekerja sama dengan badan usaha untuk mengembangkan proyek infrastruktur. Dalam skema ini, pemerintah berperan sebagai pengawas dan badan usaha sebagai penyedia jasa. Pemerintah juga menggunakan skema Pembayaran Ketersediaan Layanan (Availability Payment/AP) untuk membiayai proyek-proyek ini.

Selain itu, pemerintah juga menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memasukkan berbagai proyek pembangunan. APBD adalah anggaran yang menunjukkan anggaran jangka panjang dan pembelajaran atas kegiatan tetap seperti gedung, peralatan, kendaraan, perabot, dan sebagainya. Modal belanja adalah pengeluaran yang manfaatnya cenderung melebihi satu tahun dan akan menambah aset atau kekayaan.

Fasilitas Pendukung Pembiayaan

Pemerintah juga telah mengupayakan sumber pembiayaan kreatif dalam mendukung penyediaan infrastruktur di Sumenep. Berbagai instrumen dan fasilitas pendukung pembiayaan telah dibuat untuk memudahkan proses pengalokasian dana. Contohnya, pemerintah telah membuat skema pendanaan yang umum berlaku di Indonesia, termasuk skema Availability Payment/AP, yang memungkinkan pemerintah membiayai proyek-proyek dengan cara membayar biaya konstruksi proyek setelah proyek selesai.

Sumber pembiayaan yang digunakan dalam pembangunan di Kabupaten Sumenep meliputi:

Dana perimbangan yang diterima daerah dalam APBD Kabupaten Sumenep setelah dikurangi Dana Alokasi Pemerintahan Desa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline