Pada hari Jumat, 21 Juli 2023 lalu, Kelompok 839 Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (MMD UB) di Desa Gading, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi mengenai penerapan inisiasi hukum, digital marketing, media sosial, dan digital branding kepada masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di Desa Gading. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memajukan UMKM di Desa Gading yang notabene masih tertinggal dibandingkan desa - desa lainnya di Kecamatan Balerejo.
Kehidupan sehari-hari masyarakat tidak lepas dari perkembangan teknologi, hal tersebut mengharuskan segala aspek penunjang kehidupan menyesuaikan dengan perkembangan tersebut tidak terkecuali pada bidang perekonomian yaitu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada dan berkembang di masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Gading. Hal itu melatarbelakangi bergeraknya kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang digitalisasi pada UMKM yang terdiri dari Digital Marketing, Sosial Media, Digital Branding hingga Hukum Inisiasi.
Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang digitalisasi pada UMKM yang terdiri dari Digital Marketing, Sosial Media, Digital Branding hingga Hukum Inisiasi dimulai dengan survey yang dilakukan oleh team UMKM ke pelaku-pelaku UMKM yang ada di Desa Gading. Survey tersebut membuahkan hasil berupa data dan informasi dari setiap kepala dusun yang ada di Desa Gading. Dari keempat dusun yang ada, yaitu Dusun Ngakar, Dusun Blawong, Dusun Satriyan dan Dusun Gading ada banyak sekali UMKM yang berkembang di desa ini. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa UMKM unggulan Desa Gading adalah Usaha Jamu Tradisional.
Usaha Jamu Tradisional yang dipasarkan dan dikembangkan di Desa Gading ini bernama Jamu Sari Gading. Menurut informasi yang didapatkan oleh team UMKM, usaha ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan sudah mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) pada tahun 2012 silam.
"Setelah melakukan survey dan wawancara lebih lanjut kepada para pelaku UMKM, akhirnya kami mendapatkan sebuah fakta bahwa dari sekian banyak UMKM yang ada di Desa Gading, baru sebagian saja yang bisa melakukan pemasaran dan promosi secara digital, yang lainnya masih melakukan pemasaran dan promosi secara manual atau mulut ke mulut, bahkan ada yang tidak melakukan promosi apapun karena sudah memiliki pelanggan tetap (langganan)," ujar salah satu anggota team UMKM dari Kelompok MMD UB 839.
Bentuk kegiatan yang akan dilakukan oleh team UMKM Dari Kelompok MMD UB 839 berupa sosialisasi hukum dan pelatihan digital marketing, media sosial, dan digital branding bagi UMKM yang ada di Desa Gading.
Dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut, terdapat 4 materi yang diberikan. Materi pertama, yaitu Penyuluhan Hukum dan Inisiasi Pembentukan UMKM disampaikan oleh Elliyani Rahmadini, materi kedua yaitu Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM disampaikan oleh Sabina Diva Aulia, materi ketiga yaitu Pelatihan Penggunaan Platform Social Media untuk UMKM disampaikan oleh Hikmal Aqsa Youlan, dan materi keempat sekaligus materi terakhir yaitu Pelatihan Digital Branding untuk UMKM disampaikan oleh Hafidz Atha'ullah Fakhrudin. Keempat materi tersebut dipaparkan dan dijelaskan secara bergantian oleh team UMKM dari Kelompok MMD UB 839.
Selain dipaparkan dan dijelaskan secara langsung oleh team UMKM, terdapat Modul yang dibagikan kepada para pelaku UMKM sehingga dapat disimpan dan dipelajari kembali saat sudah selesai mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini.
Sebelum sosialisasi dan pelatihan ini diselenggarakan, team UMKM dari Kelompok MMD UB 839 telah melakukan pre-event sebelumnya. Pada kegiatan ini, team UMKM melakukan survey dan sidak secara langsung ke rumah para pelaku UMKM satu persatu dengan tujuan memberikan edukasi, pelatihan, dan membantu proses pengurusan beberapa hal, contohnya berupa pengurusan perizinan berusaha, mengubah Whatsapp biasa menjadi Whatsapp Business, memberikan pelatihan tentang bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut di platform yang telah tersedia, menambahkan titik lokasi UMKM di google maps dan melakukan dokumentasi untuk dimasukkan kedalam video profil UMKM yang ada di Desa Gading.
Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ditutup dengan beberapa pertanyaan dan dokumentasi bersama para pelaku UMKM dan warga desa yang turut hadir untuk meramaikan dan belajar bersama mengenai materi-materi baru yang dibawakan oleh teman-teman mahasiswa. Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan pada sektor UMKM ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM yang ada di desa gading.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H