Lihat ke Halaman Asli

SETYA BUDI SANTOSO

Dosen/Fisioterapis/RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta

Senam Otak Versi Fisio Setya Budi Santoso , SSTFT, SIKom (Bagian 2)

Diperbarui: 28 Oktober 2024   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

SENAM OTAK VERSI FISIO SETYA BUDI SANTOSO SSTFT,SIKom, Bagaian 2 .

Senam otak  inti 3 versi fisio Setiabudi Santoso, Pada inti tiga ini banyak gerakan yang melibatkan stimulasi hemisfer  kanan dan kiri ,juga otak bagian depan dan belakang maksudnya frontal dan occipital , Maka banyak Gerakan yang saling bergantian, Misalnya gerakan , Tangan dengan 5 jari tangan kanan dan  tiga jari Terdiri dari jari telunjuk ibu jari dan jari kelingking, Lalu bersimultan untuk melakukan gerakan sebagaimana dirijen yang  memimpin membawakan lagu , Dan saling bergantian, Juga diikutin gerakan kaki baik pada posisi menyerong ke arah kanan maupun menyerong ke arah kiri. Di Lanjutkan gerakan simultan tangan pada pergelangan bergantian menggeser ke depan dan ke belakang. Gerakan tangan berkelok-kelok seperti gerakan Ular yang berenang dan mengaktifkan kelenturan dari tulang belakang. Gerakan-gerakan berikutnya adalah gerakan mengaktifkan pelvic atau pinggul sehingga menjaga kelenturan dari pinggul .Gerakan Cross sangat dibutuhkan untuk kolaborasi belahan otak, Gerakan yang mengandung unsur keseimbangan sangat penting sekali untuk cerebrum maupun cerebellum. Gerakan keseimbangan tetap di latih dan di perhitungkan .

untuk meberikan stimulasi pada cerebrum maupun cerebellum ,

Gerakan ketangkasan atau agility sangat di butuhkan untuk otot otot tipe  fasic  muscle , otot paha bagian samping ( tensor fascia latae ,tibialis anterior pada pergelangan kaki ).

Dinamika music , keindahan gerak ,elastisitas,repetisi,penguatan , keseimbangan ,sangat di 

butuhkan 


Gerakan pendinginan ,Diawali dari gerakan Gerakan-gerakan mengibas-ngibaskan jari tangan juga menggerakkan menyilang , dan gerakan fine movement ,gerakan yang mengikuti pakem propioseptif neuromuscular facilitation , gerakan keseimbangan ,di ciptakan untuk nuansa cooling down,gerakannya kesannya lebih lincah namun menjadikan lebih rilek.musik di pilih gending jawa , seperti pada pemanasan .


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline