Lihat ke Halaman Asli

Mewujudkan Mimpi dengan Reksa Dana

Diperbarui: 16 Oktober 2019   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa pun boleh bermimpi (Foto: Shutterstock)

Setiap kita memiliki mimpi yang ingin diwujudkan. Memiliki mimpi sama artinya dengan memiliki kehidupan karena ada harapan yang masih ingin diperjuangkan untuk digapai. Sebagai pribadi pada umumnya, memiliki sederet mimpi memang tak ada salahnya, karena setiap kita memang harus bermimpi.

Ada banyak mimpi yang ingin diwujudkan dari masing-masing kita. Ada yang ingin menjadi kaya-raya dan banyak harta hingga mimpi-mimpi konkret seperti liburan ke luar negeri, memiliki rumah sendiri, lanjut kuliah, beli mobil, dan masih banyak lagi.

Ada pula yang punya mimpi ingin menyiapkan biaya pernikahan sendiri, beli gadget terbaru, ingin menyekolahkan anak-anak hingga S2, ingin keliling Indonesia, dan sebagainya.

Siapa pun boleh bermimpi, tapi satu hal yang pasti: mewujudkan mimpi-mimpi itu butuh uang dan pengorbanan. Tercukupinya uang menjadi syarat utama untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang dimiliki.

Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri, jika secara mandiri bisa mewujudkan mimpi. Artinya, uang yang dibutuhkan untuk merealisasikan mimpi itu dikelola dan dikembangkan secara mandiri dengan strategi baru.

Mengembangkan dana yang dimiliki secara mandiri untuk mewujudkan mimpi kini sudah gampang dilakukan, seperti dengan investasi reksa dana yang memberikan imbal hasil lebih dari sekadar ditampung di tabungan konvensional dengan bunga yang kecil.

Investasi reksa dana memiliki beragam pilihan mulai reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Semua ini bisa menjadi pilihan tergantung profil risiko masing-masing milenial.

Reksa dana pasar uang (kurang dari 1 tahun), reksa dana pendapatan tetap (1-2 tahun), reksa dana campuran (3-5 tahun), dan reksa dana saham (di atas 5 tahun)

Masing-masing reksa dana memiliki keuanggualan dan kelemahan, namun dengan menyesuaikan jangka waktu yang tepat maka mimpi-mimpi jangka pendek hingga jangka panjang tersebut bisa diwujudkan.

Selain dana yang cukup untuk mewujudkan mimpi-mimpi, ada pula pengorbanan seperti memangkas dana-dana ke kafe dan hangout serta tidak memenuhi setiap keinginan hari ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline