Banyak perusahaan atau instansi menengah ke bawah di Indonesia, tidak banyak yang menggunakan Aplikasi untuk manajemen SDM(Sumber Daya Manusia), kami penulis tertarik untuk mempublikasikan aplikasi yang membantu penanganan dalam bidang HRD yaitu OrangeHRM. Aplikasi ini sangat berguna bagi perusahaan karna fitur-fiturnya dapat membantu seorang HRD di suatu perusahaan agar manajemen SDM menjadi lebih efektif juga dapat mengurangi cost / pengeluaran perusahaan, seperti untuk pencarian SDM dan mengurangi penggunaan kertas yang tidak perlu untuk Report, Juga OrangeHRM sudah berlisensi GNU dan OpenSource.
Mengenal Human resource management sistem (HRMS) atau human resource information system (HRIS). Adalah sistem dari gabungan antara manajemen SDM(Sumber Daya Manusia ) dengan teknologi informasi, aplikasi HRM dibuat sebagai dasar aktivitas seorang HRD. Sistem ini memiliki banyak informasi dan fitur yang berbeda namun membuatnya praktis dengan menjadikannya satu database. Sebagai contoh adalah bagian keuangan, pencarian SDM, absensi, dan masih banyak lagi. dijadikan satu database yang membuat sistem ini bersifat praktis bagi para HRD.
Beberapa Modul utama, yang mencakup aktivitas utama HRD adalah:
Modul Pim
Adalah modul yang mengelola semua informasi dari pengguna(user). seperti informasi pribadi (personal information), rincian kualifikasi(detail qualification) dan pengalaman kerja(work experience), foto karyawan.
Modul ESS(Employee self service)
Adalah modul yang memberikan kemudahan kepada karyawan untuk memberi informasi detail data diri pribadi mereka dan juga untuk pengambilan cuti (applying for leave), sesuai dengan hak akses yang diberikan admin.
Modul Waktu Kerja(Time Module)
Adalah modul yang memberikan informasi akan efesiensi waktu kerja. seperti: waktu hadir kerja(punch in) dan waktu pulang(punch out), waktu kerja dalam proyek.
Modul Laporan(Report Module)
Adalah modul yang mengatur semua report seperti: report waktu kerja, proyek perusahaan. Definisi laporan juga dapat disimpan untuk menghindari pengerjaan ulang.