Hai... Hai... Hai... Sahabat kompasianer, sebagai seorang guru penting bagi kita untuk mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti.
A. Definisi Budi Pekerti
Budi pekerti menurut filosofi Ki Hajar Dewantara merupakan hasil dari bersatunya gerak, pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga atau dorongan. Dengan kata lain, budi pekerti dapat dimaknai sebagai perpaduan antara cipta (kognitif) dan rasa (afektif) sehingga dapat menghasilkan karsa (psikomotorik).
Kecerdasan berpikir muid harus dapat mengembangkan budi pekerti (watak) murid yang tidak hanya dibentuk di sekolah tetapi di dalam keluarga dan lingkungan masyarakat. Seseorang yang memiliki budi pekerti akan memikirkan, merasakan, mempertimbangkan perilaku yang akan ia tampilkan. Oleh karena itu, watak atau budi pekerti merupakan kodrat setiap manusia, sehingga kita sebagai pendidik perlu memahami kodrat dan mendampingi tumbuhnya kecakapan budi pekerti murid dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran yang di alaminya.
B. Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan Berdasarkan Pemikiran Ki Hajar Dewantara
Teori konvergensi didasarkan pada 2 teori utama yakni:
1. Teori Tabularasa
Teori tabularasa menyatakan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik.
2. Teori Negatif
Teori negatif menyatakan bahwa kodrat anak ibarat kertas yang sudah terisi penuh dengan berbagai macam coretan dan tulisan.
Oleh karena itu, Ki Hajar Dewantara menggabungkan pendekatan teori tabularasa dengan teori negatif yang diintegrasikan menjadi teori konvergensi