Lihat ke Halaman Asli

Antisipasi Kebakaran Hutan, PT. NSP Gelar Penyuluhan

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14198147791366746332

[caption id="attachment_343870" align="aligncenter" width="546" caption="PT. NSP dan masyarakat"][/caption]

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), PT. NSP, Selasa (24/6/2014)gelar penyuluhan pada masyarakat. Penyuluhan yang mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Masyarakat Peduli Api” itu diadakan di Desa Teluk Buntal Kecamatan Tebing Tinggi Timur, tepatnya di Gedung Bulu Tangkis Afnasti.

Mewakili pihak PT. NSP, Bajuri Ikhwan, menyampaikan alasan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi muncul kebakaran hutan dan lahan di Kepulauan Meranti, mengingat daerah ini merupakan lahan gambut yang sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), apalagi pada bulan Juli hingga September cuaca memang sangat panas sekali, katanya.



PT NSP Memberikan Bantuan Peralatan

Selain mengadakan penyuluhan terhadap masyarakat, PT. NSP juga memberikan bantuan berupa peralatan pemadam kebakaran lengkap ke desa desa disekitar areal operasional PT. NSP. Bahkan, pada hari yang sama mereka juga sudah membentu kelompok masyarakat peduli api di Teluk Buntal.

“Tentunya kita tidak ingin musibah yang sering menimpa kita ini terus berulang, oleh karenanya perusahaan akan bekerjasama dan bersinergi dengan pihak pihak terkait termasuk pemerintah daerah di Kabupaten Kepulauan Meranti”. Ungkapnya.

Penyuluhan NASIONAL SAGO PRIMA Kepada Masyarakat

Senada dengan Bajuri, Kepala Desa Teluk Buntal juga sangat menyambut baik program penyuluhan yang diadakan oleh PT. NSP.


“Kita tidak ingin lagi kehilangan hutan dan lahan perkebunan, karena pada musibah kebakaran kemarin kita kehilangan 300an hektar lahan perkebunan” katanya.

Masyarakat Menyambut baik program PT. NASIONAL SAGO PRIMA

“Masyarakat harus menyambut baik program yang diadakan oleh PT. NSP ini. Jika ada masyarakat yang tidak bisa hadir pada acara penyuluhan ini, maka diharapkan mereka memberitahu tetangga sehingga informasi ini tersebar pada banyak khalayak”, ungkapnya lagi.

Disisi lain, Sekcam Tebing Tinggi Timur, Husni Jamal mengatakan harus ada kerjasama yang baik antar perusahaan dan masyarakat.

Selain dari BKSDA, pagi itu juga hadir pemateri dari Kasubbid pengelolaan data kualitas lingkungan BLH Meranti Rubi Adrian SFarm, yang memaparkan materi pencegahan kebakaran pengenalan dampak terhadap lingkungan dan inisasi pembentulkan kelembagaan MPA. Dari Polres Kepulauan Meranti, Kabag Ren Kompol Iman Siadi, Satbinmas Brigadir Muhammad Ali, serta dari Kapolsek Tebingtinggi AKP Ade Rukmayadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline