Menghadapi era digital 5.0 masyarakat harus mempersiapkan diri untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Masyarakat 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Sebagai seorang pendidik di era Revolusi industry 4.0, kita mempunyai beban dan tanggung jawab untuk melahirkan siswa-siswa yang siap menghadapi era digital 5.0 tersebut.
SPANDA Literasi dirancang karena beberapa fakta yang muncul di lapangan sebagai dampak dari learning loss akibat pandemi COVID-19. Pembelajaran Jarak Jauh yang berlangsung lebih dari dua tahun tentunya memberi dampak pada siswa baik positif maupun negatif. Sebagai dampak positif, siswa dapat mengeksplorasi teknologi tetapi dampak negatifnya siswa belum bijak memanfaatkannya seperti memanfaatkan teknologi untuk bermain game online. Melihat hal ini, kami merancang program untuk menggunakan teknologi dalam program Gerakan Literasi Sekolah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, kemampuan teknologi, dan juga mampu bernalar kritis terhadap bacaa, film, atau isu yang sedang berkembang saat ini.
Sebelum aplikasi SPANDA Literasi diterapkan pada siswa, sekolah menginisiasi untuk mengadakan workshop untuk guru dan tenaga kependidikan untuk memudahkan sosialisasi program ke siswa nantinya.
Saat ini aplikasi ini sudah berjalan hampir tiga tahun. Pada awalnya aplikasi ini hanya sebagai tempat untuk menuliskan resensi dan sinopsis buku bacaan dan film oleh siswa dan guru. Sekarang sudah semakin berkembang dengan ditambahnya fitur buletin sekolah, buku bacaan digital (ebook). Kedepannya akan dilengkapi dengan hasil tulisan dan karya ilmiah siswa dan guru seperti penelitian tindak kelas, puisi, cerpen, dan cerbung. Harapannya dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kemampuan literasi warga SMPN 2 Bandar Lampung khususnya dan seluruh masyarakat pada umumnya.