Lihat ke Halaman Asli

Memberikan Tanaman Hias Kepada Teman yang Membutuhkan adalah Kebahagiaan Sendiri

Diperbarui: 30 Desember 2020   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumentasi pribadi (pemberian Aglonema kepada istri Pak Rus)

Pandemi Covid-19 tengah melanda hampir seluruh dunia, termasuk di negara Indonesia. Angka korban pun setiap hari semakin bertambah banyak. Berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus Corona ini juga gencar dilakukan. Mulai dari physical distancing, penggunaan masker yang sesuai standar kesehatan dan juga aktivitas mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun.

Langkah-langkah tersebut dilakukan agar manusia lebih menjaga kesehatan dan kebersihan diri agar tidak tertular oleh Covid-19. Selain itu, kita juga harus meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas supaya tubuh kita kebal terhadap virus.

Bukan hanya dalam bidang kesehatan saja yang terganggu. Pandemi Covid-19 juga hampir melumpuhkan berbagai sektor, salah satunya dalam bidang perusahaan. Akibat pendapatan yang menurun, sebagian besar karyawan terkena dampak PHK dari perusahaan dimana mereka bekerja.

Hal ini menjadikan mereka kehilangan mata pencaharian, sehingga untuk tetap bertahan hidup mereka harus memutar otak. Banyak juga diantara mereka yang beralih pekerjaan dan kemudian menekuni bidang yang lain.

Nah, salah satu hobi yang kini tengah digemari oleh masyarakat kita adalah tanaman hias. Berburu dan menanam tanaman hias bisa jadi alternatif yang bagus di kala pandemi Covid-19 ini.

Tak disangka, hanya dari satu tanaman hias bisa berbuah manis dan mengisi pundi-pundi uang. Bahkan ada juga tanaman hias yang memiliki nilai jual sangat fantastis yakni mencapai 90 juta rupiah per tanaman.

Tanaman itu tidak lain seolah menjadi tren baru bagi pencinta tanaman. Namanya adalah tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansonii Variegata.  

Jenis tanaman ini kini sedang banyak diburu oleh orang karena memiliki ciri khas yang lain dari tanaman pada umumnya. Terutama pada bagian daunnya yang bolong atau berlubang seperti dimakan hewan ulat padahal tidak.

Bentuk lubangnya pun lebih beraturan, sehingga membuat tanaman Janda Bolong ini terlihat unik dan berciri khas. Untuk warna daunnya pun bermacam-macam sesuai dengan jenisnya. Ada yang berwarna hijau muda dan ada yang bercampur dengan warna putih.

Maka tak heran apabila tanaman Janda Bolong ini bisa memiliki nilai jual yang fantastis hingga jutaan rupiah. Tentunya harga sekian bergantung pada jenis dan ukuran tanamannya. Semakin bagus dan cantik tanaman Janda Bolong itu maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal.

Sungguh hal yang menggiurkan dan bisa dijadikan ladang bisnis di tengah Pandemi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline