Lihat ke Halaman Asli

Mengetahui Karakterisitik Orang Lain dari Ilmu psikologi

Diperbarui: 21 November 2021   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Mengetahui  karakter seseorang bukanlah suatu hal yang bisa dikuasai dengan cepat. Kita butuh pengalaman yang banyak dan bertemu banyak orang. Dari ahli psikologi pun membutuhkan jam terbang yang tinggi untuk dapat mengetahui karakter seseorang dalam waktu singkat. Tetap belajar, memperbanyak informasi, dan banyak berinteraksi dengan orang-orang disekitarmu!

Apakah bahasa tubuh bisa kamu kendalikan sepenuhnya? Sepertinya tidak, bahasa tubuh bukanlah sesuatu yang umumnya dilakukan secara sengaja. Mencoba mengendalikannya akan membuatmu terlihat tidak natural dan malah membuatmu menjadi mencurigakan.

Memperhatikan Penampilan
Kamu bisa memulai dari kerapihan, jenis, dan gaya berpakaian.

Apakah dia mengenakan pakaian/aksesoris yang menunjukkan religiusitasnya?
Kesan pertama seseorang tidak selalu mencerminkan realita, tapi hal tersebut memang wajar.

Melihat Postur Tubuh
Ketika membaca postur seseorang, lihatlah ciri-ciri saat mereka berjalan, duduk dan berbicara. Hal ini menandakan kepercayaan diri dan ego yang besar. Hal ini menunjukkan kepercayaan diri yang rendah. Masih ada banyak sekali postur tubuh yang menandakan antusiasme dan karakter seseorang.

Sesuai dengan situasi dan konteks munculnya postur dari seseorang, maka maknanya juga bisa berubah mengikutinya. Buku yang saya referensikan tadi juga menjelaskan mengenai arah yang dihadapi seseorang dan keinginan mereka. Bukunya menyinggung kalau seseorang yang menghadapkan badan pada pintu keluar memiliki keinginan untuk. ya keluar.

Mengamati Gerakan Tubuh
Secara umum, kita akan condong kepada seseorang yang kita sukai atau membuat kita nyaman. Kita juga cenderung condong kedepan apabila berada dalam situasi yang kita sukai. Nah, ini sebuah bahasa tubuh yang sering digunakan. Dalam konteks formal, gerakan menggigit bibir mengindikasikan kalau orang tersebut sedang tertekan atau berada dalam situasi yang tidak nyaman.

Ada konsep yang menuduh seseorang yang selalu menggerakkan kakinya memiliki gangguan kecemasan.

Interpretasi Ekspresi Wajah
Emosi bisa dengan mudah terlihat di wajah kita. Hal ini merupakan sesuatu yang hadir secara universal pada setiap manusia. Ada juga ekspresi wajah yang muncul dalam situasi tertentu. Seperti wajah poker face atau wajah datar yang dibuat untuk menyembunyikan ekspresi dan emosi seseorang.

Apabila kamu lebih tertarik dengan interpretasi yang rumit, cobalah membaca interpretasi senyum. Sebuah senyum memiliki banyak variabel dan bisa dipakai untuk situasi apapun. Iyup, senyum palsu bisa diidentifikasi kok. Biasanya, senyum yang palsu itu cepat hilang dari wajah orang.

Mendengarkan Intuisi
Oke, Intuisi mungkin merupakan bagian observasi yang terdengar sedikit aneh. Umumnya, seseorang yang sering menangani klien memiliki intuisi yang lebih tajam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline