Lihat ke Halaman Asli

Andriansyah Tirta

Team Supervisor Lapangan Surveyor

Kesadaran Diri untuk Menjaga Diri Tidak Overthinking di Tempat Kerja

Diperbarui: 30 April 2024   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam tempat kerja baik yang kita kerjakan sendiri (wirausaha ) ataupun bekerja dengan orang lain dalam perusahaan selalu akan timbul cobaan-cobaan dalam pekerjaan. Untuk menangani cobaan juga diperlukan suatu sikap mental yang baik sehingga akan dapat tercapai hasil yang maksimal. Sikap mental yang baik dapat ditunjukkan dengan cara mengembangkan sikap kesadaran diri kita di tempat bekerja. Kesadaran diri yang baik terbentuk dengan mengasah kemampuan kita secara soft skill dan hard skill.

Cobaan yang bisa terjadi di tempat kerja bisa berasal dari luar atau dalam perusahaan itu sendiri. Cobaan yang sehari-hari dihadapi tentu sudah terbiasa untuk kita hadapi sehingga biasanya kita dengan mudah menyelesaikan coban tersebut. Namun seiring waktu juga pasti akan ada cobaan-cobaan yang tentu tantangannya lebih berat dan berisiko baik dari segi pikiran maupun kesehatan kita.Sebenarnya disinilah kita perlu selalu menyiapkan kesadaran diri kita untuk membentuk/melatih mental yang lebih baik untuk menghadapi tantangan-tantangan yang datang.

Kita tidak akan selalu bisa menghindari segala tantangan yang ada datang pada kehidupan kita, karena tantangan yang ada adalah bagian dari perjalanan hidup yang akan membentuk siapa diri kita sesungguhnya. Oleh karena itu bentuk kesadaran diri adalah yang terpenting dalam menguji diri kita terhadap tantangan yang datang, karena tidak ada seorangpun yang bisa dibilang selalu siap dengan apa yang datang terjadi pada hidupnya.

Adapun dalam menghadapi tantangan yang ada terutama tantangan yang sulit sering sekali kita bisa menjadi terlalu overthinking sehingga banyak hal yang bisa terjadi diakibatkan hal tersebut. Hal-hal yang bisa terjadi apabila kita terlalu overthinking dalam pekerjaan kita adalah sebagai berikut ;

1. Kita menjadi terlalu kepikiran tentang hal - hal yang dapat terjadi karena overthinking.

2. Kesehatan akan kemudian juga terganggu karena semakin kita menguras pikiran kita, tenaga yang terbuang juga sia-sia karena overthinking tidak menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada.

3. Kesehatan yang berkurang itu juga bisa terjadi karena selama overthinking kita juga jadi kurang beristirahat sehingga selain kemudian pikiran yang terganggu maka jasmani kita juga akan terganggu.

4. Kurangnya istirahat diakibatkan overthinking akan menyebabkan kita menjadi lebih labil dalam emosional kita sehingga akan menyebabkan kita mudah marah dan frustasi.

5. Semakin kita mudah marah dan frustasi maka juga akan menganggu jalan pikiran kita untuk mengambil keputusan yang baik untuk melaksanakan apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menyelesaikan masalah di tempat kita bekerja.

6. Hal ini juga akan mengganggu hubungan kita dengan orang lainnya karena sifat mudah marah dan frustasi akan menganggap bahwa orang lain akan membebani hidup kita.

7. Pada akhirnya overthinking akan membuat kita depresi dan trauma sehingga apabila tidak ditangani dengan baik dapat merusak hidup kita sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline