Lihat ke Halaman Asli

Sesilia Novena Utami

PERENCANAAN WILAYAN DAN KOTA - UNEJ

Produk Bioteknologi dari Sudut Pandang Perencana

Diperbarui: 29 Desember 2020   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dimulai dari pengertiannya sendiri, bioteknologi adalah usaha untuk meningkatkan kemampuan tumbuhan dan hewan, mengembangkan mikroorganisme dan untuk penggunaan khusus yang berguna bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, masuknya bioteknologi ke dunia pertanian khususnya Indonesia yang mana merupakan negara agraris tentu saja merupakan hal yang baik. Dengan masuknya produk bioteknologi, maka pertanian di Indonesia akan mengalami perkembangan. Misalnya adalah perencanaan rekayasa genetika yang bermanfaat bagi produksi bahan pangan dan industri farmasi. Perkembangan bioteknologi dalam pertanian akan memberikan keuntungan.

Menurut opini saya, hal ini juga berkaitan dengan lahan pertanian yang semakin sedikit akibat pertumbuhan penduduk yang berpengaruh pada pengadaan permukiman. Lahan yang sedikit ini harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk memproduksi pangan dengan adanya bioteknologi. Bukan hanya pertanian konvensional sederhana yang hasilnya kadang belum teralu maksimal. Produk bioteknologi mampu memberikan hal yang tidak bisa diberikan oleh pertanian terdahulu. 

Misalnya adalah adaptasi tanaman yang ditanam dengan bibit yang lebih baik serta nantinya lebih memiliki daya tahan hama. Selain itu juga dapat dimaksimalkan pemanfaatan yang berpengaruh pada kemajuan masa panen yang mana pada beberapa pertanian konvensional panen bahkan belum pasti dan masih ada kemungkinan untuk gagal.

Namun melihat dari keadaan di Indonesia, sepertinya bioteknologi pertanian sendiri belum maksimal. Tidak banyak pihak yang memahami hal tersebut. Hal itu disebabkan karena belum adanya kebijakan yang mengatur soal hal tersebut. Oleh karena itu, menurut opini saya, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengatur soal regulasi misalnya soal lahan dan pengadaan dana dari pemerintah maupun investasi dari swasta untuk terus melakukan riset atau research demi mengembangkan bioteknologi dan penggunaannya di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline