Lihat ke Halaman Asli

Pengalamaan dan Tantangan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2023

Diperbarui: 3 Desember 2023   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada penghujung tahun 2023, saya Seselia mendapat kesempatan untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan yang di kenal dengan istilah “PPG Daljab” . Hal ini tidak pernah terbayang dalam benak diri saya, sungguh luar biasa. Pada awal mula saya merasa kurang percaya, bingung dan keheran-heranan. Saya pun merasa kurang yakin dapat mengikuti perkuliahan secara Online perasaan saya bercampur aduk, antara lanjut atau tidak, apalagi saya menyadari keterbatasan diri, terutama memanfaatkan IT dalam kegiatan perkuliahan atau kegiatan lainnya. Dibalik itu juga berat rasanya saya harus melepaskan / meninggalkan peserta didik, saya sebagai wali kelas pada awal tahun pelajaran baru mulai membentuk karakteristik, kedisiplinan, kepatuhan dan kesungguhan peserta didik dalam pembelajaran.

 Namun demikian saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan indah mengikuti PPG Daljab tahun 2023. Akhirnya saya memutuskan tetap lanjut dan antusias dapat mengikuti serangkaian kegiatan walaupun nantinya pasti ada suka duka yang akan saya alami. Saya harus fokus, bersemangat dan penuh tanggung jawab.

Pada awal perkuliahan pendalaman materi, saya mengalami berbagai tantangan dan kesulitan, tugas-tugas dari dosen semuanya membutuhkan keterampilan memanfaatkan IT.  Sementara saya belum terampil secara optimal. Aduh betapa sulit dan susahnya. Kami mendapatkan tugas membuat rencana pembelajaran yang nantinya akan di praktikkan (PPL) di SD Bruder Kanisius Pontianak tempat saya mengajar dan diujikan secara kompre oleh dosen penguji Ibu Siti Halidjah. Saya pun semakin bingung pada akhirnya RPP yang saya buat di unggah dan di ujikan. Berdasarkan pengalaman atau analisis dosen, RPP yang saya buat kurang sesuai dengan perkembangan jaman, terutama perkembangan pada dunia pendidikan. Video pembelajaran yang saya unggah juga belum terlaksana dengan baik sesuai harapan.

 Hasil pengamatan dan analisis guru pamong serta dosen pembimbing setelah dievaluasi, pelaksanaan PPL pertama yang saya lakukan perlu adanya perbaikan seperti mengoptimalkan penerapan model pembelajaran PBL dan inovasi-inovasi lainnya, pemanfaatan media berbasis IT juga harus ditingkatkan. Berpedoman pada hasil survei peserta didik dan refleksi diri, saya juga akan berusaha melaksanakan PPL kedua yang lebih baik.

Rencana pembelajaran saya buat lebih inovasi, sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan.

Disela-sela kesibukan menyelesaikan tugas LK-3 (siklus 2) dan persiapan PPL kedua, pada hari minggu 12 November 2023, saya dikejutkan oleh pesan pribadi dari seorang guru pamong yang cantik dan baik yaitu Ibu Urai Elli M.Pd, beliau menyampaikan bahwa saya akan dipercaya sebagai perwakilan kelas 002 B PGSD PPG Daljab 2023 untuk melaksanakan PPL dengan rekaman video pembelajan secara langsung melalui Zoom Meeting yang nantinya akan dipantau atau diamati oleh teman-teman mahasiswa, guru pamong dan dosen pembimbing. Saya kaget dan bingung ketika Ibu Urai memberitahukan bahwa hasil rekaman video pembelajaran tersebut akan dikirim ke LMS untuk diamati TIM GTK Pusat dan BPK, serta akan digunakan sebagai syarat pemenuhan kinerja dosen PPG Daljab 2023 angkatan kedua Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kemudian tepatnya hari Senin tanggal 13 November 2023 saya dihubungi langsung oleh seorang dosen pembimbing muda dan cerdas, beliau menyampaikan hal yang sama dengan yang Ibu Urai sampaikan, pikiran saya semakin kacau, saya sangat bingung? Menyadari segala keterbatasan diri pada awalnya saya menolak dengan berbagai alasan dan khawatir tidak dapat melaksanakan PPL sesuai dengan harapan, Aduh menjadi beban berat dalam pikiran saya. Sore harinya, saat saya duduk santai dan konsultasi dengan pasangan hidupku. Ibu Astri melalui pesan pribadi menyampaikan hasil diskusinya dengan guru pamong dan dengan berbagai pertimbangan, beliau menyatakan bahwa saya tetap dipercayai mewakili teman-teman sekelas. Saya termenung memikirkan apa yang harus saya lakukan. Saya berkonsultasi dengan beberapa teman, akhirnya saya mulai berpikir positif dan memutuskan untuk menghargai kepercayaan dosen. Saya harus berusaha mempersiapkan seperangkat pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.

Pada tanggal 12 November 2023 saya mulai berbenah mempersiapkan seperangkat pembelajaran. Di pertengahan bulan November 2023 tepatnya pada Rabu tanggal 15 November 2023, saya melaksanakan PPL kedua di SD Bruder Kanisius Pontianak. Puji syukur kepada Tuhan dengan jerih payah dan dukungan dari berbagai pihak, terutama Kepala Sekolah SD Bruder Kanisius Pontianak Bruder Martinus Tinyu Diaz M.Pd., teman sejawat, pamong dan peserta didik kelas Praktik Pengalaman Lapangan dan perekaman video melalui Zoom Meeting dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

 Setelah kegiatan pembelajaran selesai, pada hari itu juga dilanjutkan dengan pembahasan saran dan masukan dari teman mahasiswa, guru pamong, dan dosen pembimbing mengenai proses pembelajaran yang saya lakukan.

Berdasarkan analisis dan evaluasi secara keseluruhan, PPL yang saya laksanakan hasilnya baik, namun demikian, sebagai manusia biasa pasti masih ada kelemahan pada diri saya khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran. Saya mendapat referensi masukan dan saran yang membantu untuk perbaikan tugas mengajar ke depan. Saya akan menerapkan inovasi-inovasi baru dan ilmu-ilmu yang saya peroleh saat perkuliahan PPG Daljab 2023 dalam melaksanakan tugas sebagai seorang guru di Sekolah Dasar. Saya sangat bersyukur mendapat kepercayaan dari dosen karena pengalaman PPL yang saya lakukan sangat bermanfaat untuk melaksanakan tugas selanjutnya.

Melalui PPG Daljab, pengalaman, pengetahuan, keterampilan yang saya peroleh bukan hanya terkait pedagogik saja, melainkan saya juga dapat menemukan jati diri seorang yang berprofesi sebagai pendidik dan pengajar haruslah profesional dalam tugas dan selalu siap menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan. Demikian pengalaman mengikuti PPG Daljab kedua tahun 2023 saya sampaikan.

Sekian Terima Kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline