Lihat ke Halaman Asli

Serly EkaArnelita

Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta

Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 25 Oktober 2023   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Memasuki era sekarang, teknologi mempengaruhi beberapa aspek kehidupan seperti politik, ekonomi, budaya, seni dan bahkan dibidang pendidikan. Kemajuan teknologi pada saat ini merupakan hal yang tidak bisa kita hindari di kehidupan, karena kemajuan teknologi berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi mempunyai pengaruh penting terhadap ilmu pengetahuan, dimana para siswa belajar tentang fenomena dan peristiwa alam dan manusia memanfaatkan teknologi untuk menerapkan ilmu tersebut. Teknologi juga membantu kehidupan sehari-hari dan mempermudah pekerjaan yang melelahkan.

Teknologi adalah sesuatu yang bermanfaat dalam memudahkan manusia. Teknologi lahir dari pemikiran manusia yang berusaha mempermudah aktivitasnya untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya yaitu gadget. Saat pertama kali muncul gadget hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang membutuhkan untuk kelancaran pekerjaan. Gadget bukan hanya alat berkomunikasi, juga merupakan alat untuk mencipta dan menghibur melalui suara, tulisan, gambar, dan video. Saat ini masyarakat berlomba-lomba untuk mempunyai gadget karena bukan hanya sekedar alat komunikasi saja, namun pada umumnya gadget juga sudah menjadi gaya hidup, trend, dan sebuah kebanggan.

Globalisasi merupakan suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Pada hakikatnya globalisasi adalah suatu proses gagasan yang dikemukakan dan kemudian diusulkan untuk diikuti oleh negara-negara lain hinga akhirnya mencapai titik kesepakatan bersama yang menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di dunia.

Pada era globalisasi, interaksi sosial masyarakat khususnya dalam menjalin hubungan sosial satu sama lain tidaklah sulit, masyarakat hanya perlu menggunakan gadget untuk dapat berinteraksi satu sama lain. Gadget istilah bahasa Ingris yang mendefinisikan suatu perangkat elektronik kecil dengan berbagai fungsi menurut Osland. Gadget sendiri bisa berupa komputer atau laptop, tablet, maupun telepone seluler atau handphone.

Teknologi informasi dapat menjadi sumber informasi dan sarana pembelajaran, juga dapat menjadi sarana untuk memahami pasar secara luas melalui produk-produknya, semangat dalam kewirausahaan misalnya ada yang dapat menjual produknya melalui jejaringan sosial, membantu mengembangkan perdagangan melalui sistem e-commerce misalnya pembelian paket dan pulsa, meningkatkan informasi tentang kesehatan dengan menciptakan masyarakat yang makmur.

Dalam bidang kesehatan, kehadiran teknologi kecerdasan buatan memberikan potensi yang baik untuk meningkatkan tingkat keberhasilan pengobatan medis. Salah satu cara untuk memberikan kontribusi yang signitif adalah dengan menerapkan teknologi robotik pada operasi. Dengan menggunakan robot prosedur bedah dapat dilakukan dengan lebih persisi, sehingga mengalami trauma pada pasien. Hal ini membuka peluang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pemulihan lebih cepat, dan mengurangi risiko komplikasi.

Penerapan teknologi kecerdasan buatan telah meluas dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagaicontoh penggunaannya. Misalnya, Google Search dan Google Maps untuk menemukan rute terpendek, mengukur jarak yang ditempuh, dan memperkirakan waktu perjalanan. Asisten virtual seperti Google Assistant dan Amazon Alexa juga digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang sebelumnya hanya dilakukan oleh manusia.

Maraknya teknologi yang semakin canggih tentunya membawa sejumlah dampak, baik positif maupun negatif. Ada banyak pendapat mengenai penggunaan teknologi dalam pendidikan. Nicholas Gane berpendapat bahwa teknologi internet berhubungan langsung dengan perubahan pola hidup sehari-hari, termasuk cara bekerja, mengakses dan bertukar informasi, melakukan pembelian, bertemu oang,  serta memelihara dan mengelola informasi hubungan sosial yang ada.

Dampak positif dengan adanya teknologi tentu membuat pendidikan menjadi sangat mudah. Masyarakat akan mempelajari segala sesuatu dengan mudah tanpa hambatan jarak. Sekolah dan perguruan tinggi juga dengan mudah mendapatkan informasi yang dapat diperoleh dari rumah dan menjangkau banyak daerah, siswa dapat dengan mudah mengikuti studinya secara online. Penerapan teknologi bermanfaat bagi pendidikan yaitu munculnya media massa, sebagai sumber ilmu pengetahuan dan menjadi pusat pendidikan khususnya media elektronik.

Terpenuhinya fasilitas pendidikan secara cepat. Misalnya dalam pembuatan soal perlu membuatnya berdasarkan jumlah siswa di sekolah tersebut, sehingga harus ada mesin foto copy yang bisa menyalin dengan cepat. Berkat perkembangan teknologi, semua itu bisa tercapai dalam waktu singkat.

Pembelajaran berbasis teknologi memiliki beberapa keunggulan yaitu lebih menyenangkan dan efektif, untuk menjelaskan sesuatu yang kompleks dengan cara yang jelas dan dapat di mengerti, dapat dengan cepat mempercepat proses yang panjang, adanya kejadian langka seta banyak penemuan baru, menunjukkan kejadian yang tidak terduga bagi manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline