Lihat ke Halaman Asli

Serly Septriana

Universitas Negeri Jakarta

Koperasi Masyarakat menjadi Pilihan Untuk Bertahan Hidup di Era Pandemi Covid-19

Diperbarui: 24 Maret 2022   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KOPERASI MASYARAKAT MENJADI PILIHAN UNTUK BERTAHAN HIDUP DI ERA PANDEMI COVID 19

Oleh : Serly Septriana 

Pendidikan Sosiologi 

Universitas Negeri Jakarta 

LATAR BELAKANG:
Pandemi covid-19 ini sangat berdampak pada aspek kesehatan masyarakat. Dimana Pandemi covid-19 ini menyerang imun tubuh manusia secara cepat. Hal tersebut membuat para dokter dan ilmuan-ilmuan bidang Kesehatan saling bekerja sama dalam menaggulangi pandemi covid-19, yaitu dengan cara memberikan perawatan dan menciptakan obat dalam mematikan virus tersebut. Namun karena penyebearana virus tersebut menyebar secara pesat terhadap masyarakat di dunia hal tersebut menyebabkan kewalahan bagi tenaga medis dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Penyebaran virus covid-19 sangat berkembang dengan pesat hal itu menyebabkan terjadinya ketidak stabilan yang terjadi di negara-negara di dunia. Dengan adanya pandemi virus covid-19 ini oleh karena itu pemerintah di Negara-negara di seluruh dunia. Termasuk negara Indonesia membuat kebijakan dalam menanggulangi pandemi covid-19, yaitu dengan membatasi aktifitas masyarakat. Kebijakn tersebut adalah dengan di berlakukannya PPKM dan PSBB di Indonesia. 

Dengan adanya kebijakan tersebut di harapkan masyarkat dapat mengurangi aktifitas di luar rumah sehingga dapat menanggulangin dalam penyebaran virus covid-19 ini.

Namun setiap kebijakan yang di berlakukan pemerintah pasti memilik 2 dampak yaitu dampak positif dan dampak negative. Seperti kebijakan yang di berlakukan pemerintah, yaitu PSBB dan PPKM. 

Dimana dampak positifnya adalah dengan terbatasanya aktifitas yang dilakukan masyarakat maka hal tersebut dapat menanggulangi penyebaran virus covid-19 di masyarakat namun hal tersebut juga menimbulkan dampak negative yaitu dengan adanya kebijakan tersebut yaitu dimana terjadinya perubahan secara cepat, yaitu seperti dengan adanya kebijakan PSBB dan PPKM membuat beberapa perusahan dan Instalasi menggunakan kebijakan work from home dan pembelajaran jarak jauh serta terbastasnya. Yang menyebabkan terbatasnya dalam melakukan masyarakat dalam melakukan segala hal. 

Hal tersebut menyebabkan masyarakat serta perusahaan mengalami penurunan omset dari pendadapat sebelumnya hal tersebut membuat perusahaan dan masyarakat melakukan kebijakan dalam menanggulangi penurunan omset tersebut.
 
DAMPAK:

Dengan adanya pandemic covid-19 membuat perekonomian di negara menurun hal itu disebabkan dengan adanya penurunan omset yang terjadi. Hal tersebut menyebabkan beberapa perusahaan mengambil kebijakan PHK terhadap karyawannya demi menanggulangi keuangan di perusahaaan. Serta bagi masyarakat sendiri dengan adanya kebijakan PSBB dan PPKM menyebabkan terbatasnya kegiatan yang dilakukan oleh masyarkata sehingga hal tersebut menyebabkan masyrakat yang memiliki usaha kecil atau umkm juga mengalami penurunan omset pada usaha tersebut dikarenakan terjadinya penurunan omset sehingga tidak terjadinya balik modal dalam usahanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline