Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Kognitif Anak Usia 7-12 Tahun

Diperbarui: 26 November 2016   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

  • Fikiran,ingatan dan fantasi anak

Ingatan anak pada usia 7-12 tahun ini mencapai intensitas paling besar,dan paling kuat.daya menghafal dan daya memorisasi (=dengan sengaja memasukan dan melengkatkan pengetahuan dalam ingatanan) adalah paling kuat.dan anak mampu memuat jumlah materi ingatan paling banyak.

Kehidupan fantasi mengalami perubahanpenting.pada usia 8-9 tahun anak menyukai cerita-cerita dongeng misalnya timun emas,bawang putih bawang merah,malin kundang,bandung bondowoso,lara jonggrang,dan lain-lainnya.unsur-unsur yang hebat dan ajaib dalam dongeng-dongeng ini mencengkaaap segenap mmiinat anak. Lambat laut,unsur kritikmulai muncul,dan anak mulai mengkoreksi pristiwa yang dihayati.namun unsur fantasi masih tetap memegang peranan penting.  Hanya,anak kini menghendaki peritiwa rill yang bentul-bentul terjadi,atau semestinya harus terjadi. Karena itu anak lalu menyenangi cerita-cerita kepahlawanan              

  • Kehidupan volutif (konatif,kemauan)

fungsi kemauan pada masa ini belum berkembang dengan penuh.anak belum mempunyai kekuasaan atas diri sendiri.artinya: anak belum bisa mengatur diri sendiri;belum ada regulasi diri.dia lebih suka tunduk pada kewibawaan yang tegas dari orang tua dan pendidik.bahkan anak menuntut kewibawaab n dab sikap yang kokoh.sekolah menyajikan kewibawaan,disiplin,tata tertib dan aturan-aturan normatif lainnya.semua ini membangunkan kemauan belajar;juga menstimulir ketentuan usaha dan aktifitas anak.

baru pada usia 10-11 tahun,biasanya timbul kesukaan pada satu atau dua macam pelajaran.contoh.matematika dan ilmu hayat.dan belajar tu merupakan aktifitas yang menyenagkan bagi anak-anak yang sehat jasmani dan rohaninya.

Kemudian pada usia 12 tahun anak sekolah dasar tersebut merupakan individu yang tenang dan seimbang.oleh karena itu anak disebut sebagai “I enfant fait”.yaitu anak yangkomplit,lengkap,anak yang sudah “mapan besarnya atau een volgroeid kind” ciri-cirinya ialah:rohani dan jasmani anak dalam kondisi baik.di sertai saatketenangan dari pengendapan perasaan-perasaan,minat yang besar dan segar terhadap macam-macam peristiwa,ingatan yang sangat kuat,dorongan ingin tau yang besar,dan semangat belajar yang tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline