JURNAL 1
Judul: Rencana pengembangan bisnis pada usaha mikro kecil menengah (UMKM)
Penulis: Rizky priyo widodo, Teguh budi trisanto, Marlinda apriyani
Keywords: bussines needded, bussines plan, targets, strategies, SMES
Usaha mikro kecil menengah UMKM nya itu kegiatan usaha yang memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting bagi masyarakat Di Indonesia maupun di luar negeri dan merupakan strategis perkembangan perekonomian Bagi negara. UMKM memiliki peranan yang sangat berarti dalam memberikan kesempatan tenaga kerja, usaha, Perataan kesejahteraan masyarakat dan sumber pendapatan yang sangat menguntungkan baik individu maupun kelompok.
Di Indonesia UMKM selalu mengalami pertumbuhan di setiap tahunnya karena UMKM bisa berorientasi kepada ekspor dan siptitusi impor oleh karena itu banyak kelompok atau individu yang saling berlomba-lomba Untuk menjadi pelaku UKM karena peluang strategis bisnis yang sangat menguntungkan.
Pelaku UMKM tersebut yaitu PT ABC yang merupakan sebuah industri produk pakaian jadi dan merupakan subsektor industri kreatif , Perusahaan ini bergerak dibidang fashion memiliki ciri khas seperti design baju handuk dengan bahan kain batik tradisional asli Yogyakarta.
Perusahaan ini bergerak dibidang fashion memiliki ciri khas seperti design baju handuk dengan bahan kain batik tradisional asli Yogyakarta. Perusahaan menginginkan untuk membuat rencana pengembangan bisnis sebagai pedoman tujuan menjalankan usahanya.
Adapun cara meningkatkan volume pendaptan yaitu menambah SDM untuk nilai produks yang lebih tinggi dan meningkatkan jumlah Penjualan agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Metode yang di lakukan yaitu kualitatif dan kuantitatif, sedangkan tujuan penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui strategi bisnis dan kebutuhan perusahaan, serta cara menyusun target usaha bisnis UMKM.