Lihat ke Halaman Asli

Serina Eki

Serina Eki Mulyani

Dampak Penggunaan Gadget yang Berlebihan pada Anak

Diperbarui: 10 November 2021   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penggunaan gadget menang sudah menjadi bagian penting (favorit) bagi segala kalangan usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, ada banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan gadget itu sendiri. Akan tetapi apabila kita tidak bijak dalam penggunaannya, gadgetpun akan memeri dampak yang tidak baik dan merugikan bagi penggunanya termasuk anak-anak.

Apalagi sampai menjadi kecanduan gadget dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Berikutini ada beberapa pengaruh dari penggunaan gadget yang berlebih-lebihan yaitu sebagaimana:

1. Berdampak pada penglihatan (gangguan mata)

Anak-anak yang kecanduan gadget akan otomatis mengalami gangguan pada penglihatan (mata), hal ini terjadi karena terlalu lama menatap layar handphone. Sehingga akan memicu terjadinya gangguan seperti mata akan terasa lelah, mata kering dan bahkan yang lebih parah yaitu bisa hilang penglihatan.

2. Kurangnya istirahat/kurang tidur

Kecanduan gadget juga bisa menyebabkan anak-anak mengalami kurangnya tidur, kondisi seperti ini tidak boleh dianggap hal sepele. Sebab, hal ini akan membuat perkembangan otak anak menjadi tidak optimal karena tidur yang cukup adalah kunci untuk perkembangan otak yang lebih optimal.

3. Sulit/kesulitan bersosialisasi

Anak yang sudah kecanduan gadget akan lebih memilih bermain gadget ketimbang bermain dengan teman seusianya (tidak mau berinteraksi dengan orang lain).

4. Menjadi Obesitas

Kecanduan gadget bisa membuat anak mengalami kelebihan berat badan (obesitas), karena seringnya bermain gadget akan menyebabkan anak lebih sering duduk atau berbaring daripada aktif bergerak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline