Lihat ke Halaman Asli

Ndiken Sergi

Almasuh - Papua

Tikus Berbulu Domba

Diperbarui: 23 Juni 2020   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tangkapan layar dari tayangan YouTube Melky Simatupang

Rodent merupakan hewan pengerat, yang mempunyai dua gigi dibagian depan. Gigi ini harus terus diasah supaya menjadi pendek. Caranya dengan harus menggigit ; memakan sesuatu. Jika gigi itu tidak diasah, maka akan tumbuh panjang dan membunuh hewan tersebut.

Hewan pengerat yang paling terkenal adalah tikus. Saking terkenal-nya hewan ini,  hingga dibuat menjadi lirik lagu oleh Iwan Fals, dengan judul tikus kantor. Tikus yang bekerja dikantor, memakai kemeja stelan jas dan lengkap dengan dasi.

Tikus ini harus bedandan layaknya seorang terpandang, agar terlihat keren dan berwibawah. Menutupi akal bulusnya, layaknya tikus berbulu domba. Sehingga siapa-pun yang memandang akan terpanah oleh pesonah-nya.

Tidak tanggung-tanggung uang milyaran bahkan trilyunan rupiah, sanggup untuk dihabiskan dalam sekejap mata. Entah dilakuan sendiri-sendiri, atau dilakukan secara berjamaah, bersama tikus-tikus berdasi lainnya.

Saking rakusnya, mereka sampai tidak perduli apakah uang-uang tersebut diperuntukan untuk rakyat miskin, untuk korban bencana alam, untuk rakyat jelata yang kelaparan, untuk rakyat yang terkena virus corna, dll. Jika, naluri alaminya sudah memberontak, pasti di sikat habis semuanya.

Itu tadi, untuk mengasah giginya yang terus tumbuh, agar tetap pendek, sehingga tidak dapat melukai atau membunuh dirinya.

Salah satu faktor penyebab kemiskinan dan kemelaratan suatu negeri adalah, karena tikus-tikus berdasi masih eksis dan terpelihara dengan baik didalam tantanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dasar binatang rakus dan egois ..!! namanya juga binatang tidak mempunyai akal budi dan pikiran. Hanya mengandalkan naluri ; insting. Kalau manusia pasti memiliki akal budi pekerti.

Tikus-tikus ini mereka tidak suka hidup di tempat yang bersih, tetapi mereka lebih senang berdomisili tempat-tempat yang kotor dan berantakan. Mereka lebih nyaman dan aman jika hidup disana. Karena tempat seperti itu sudah pasti tidak ada yang perduli.

Eeits, jangan salah, tikus jaman now adalah tikus millennium. Mereka dapat beradaptasi terhadap lingkungannya dengan cepat ; bermutasi. Buktinya adalah lirik lagu Iwan Fals " ...kisah usang tikus-tikus kantor...". Gedung dan kantor pemerintah menjadi tempat tinggal favorit jenis tikus ini. Karena disana terdapat banyak bahan pokok yang cukup untuk mengasah giginya.

Bahkan gedung pengadilan, kementrian agama, kejaksaan, dan pengacara yang terkenal paling putih, suci dan bersih-pun tak luput dari pengaruh buruk hewan pengerat ini.  Kalau sudah seperti ini apakah kita harus bertanya pada rumput yang bergoyang ? seperti kata Ebiet G Ade.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline