Lihat ke Halaman Asli

Perwakilan Tim PPK Ormawa UKMU Ristek Dewantara UST Lolos Tahap Pendanaan

Diperbarui: 17 Agustus 2024   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi presentasi/dokpri

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengumumkan seleksi akhir Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2024. Sebanyak 622 subproposal dari 158 perguruan tinggi negeri dan swasta, satu tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Riset dan Tekniologi Dewantara Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UKMU RISTEK DEWANTARA UST) berhasil lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2024.


PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas organisasi mahasiswa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Tema yang diangkat adalah Smart Farming dengan judul "Teknologi SERA MAKARYA (Sistem Penyiraman Air Otomatis menggunakan Sel Surya berbasis Arduino Nano". 

Program ini akan dilaksanakan oleh 12 anggota tim yang berasal dari dua fakultas, FKIP dan Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Program dilaksanakan mulai dari Bulan Juni 2024 dengan bimbingan dosen Handoyo Saputro, M.Si.


Tim PPK Ormawa Sera Makarya ini mendapatkan pendanaan sebesar Rp. 30.000.000,00 yang akan digunakan untuk melaksanakan keberlanjutannya di Dusun Gamelan, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Rencana program kerja dari tim ini yaitu memberikan serangkaian Teknologi SERA MAKARYA (sistem penyiraman air otomatis menggunakan sel surya) berbasis Arduino Nano dan Lokakarya dengan mengangkat tema Smart Farming. 

Keuntungan mengikuti PPK Ormawa ini sangat besar. Mahasiswa dilatih untuk terjun ke masyarakat, mengasah hard dan soft skill, menambah ilmu baru, serta menjaring relasi dan koneksi di luar program studi dan lingkungan Universitas. Pengalaman baru yang didapat akan memperkuat kapasitas mahasiswa," Ujar Chita Elita Syahni, selaku ketua tim PPK Ormawa Sera Makarya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline