Lihat ke Halaman Asli

Septiyani Dwi Anggreani

mahasiswa psikologi

Meningkatkan Konsentrasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa melalui Musik: Strategi Efektif Belajar

Diperbarui: 16 Juni 2023   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pembahasan ini alangkah baik bila kita mengenal pendidikan orang dewasa terlebih dahulu. Pendidikan sendiri sangatlah dibutuhkan tiap individu agar dapat mengembangkan dirinya menjadi individu yang memiliki potensi. Pendidikan orang dewasa dapat diartikan sebagai semua rangkaian pendidikan yang diwadahkan, hadirnya sering terjadi di masyarakat. Tujuan pendidikan orang dewasa ini adalah untuk mendorong kemajuan setiap individu dan mencapai peningkatan partisipasi setiap orang yang terlibat dalam kegiatan sosial (Winarti, 2018).

Dalam pendidikan orang dewasa (POD) salah satu permasalahan yang paling banyak ditemui adalah permasalahan kurangnya konsentrasi dalam belajar, hal tersebut membuat siswa terhambat menerima informasi tentang apa yang telah dipelajarinya sehingga akan menghambat dalam menyelesaikan semua tugas-tugas dan seterusnya akan mempengaruhi hasil belajar.

Namun hal tersebut bukan penghalang, Konsentrasi belajar sendiri bisa ditingkatkan, salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada orang dewasa yaitu dengan media musik. Musik sendiri diketahui memiliki potensi untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran orang dewasa. Pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar terbukti memiliki pengaruh positif terhadap fokus dan konsentrasi. Ritme, melodi, nada yang tepat pada penggunaan musik dapat mempengaruhi suasana hati dan membantu merangsang pusat kognitif dalam otak. Music yang dipilih dengan baik dapat membantu orang dewasa mengalami peningkatan konsentrasi dan mengurangi gangguan yang bisa diakibatkan oleh lingkungan dan meningkatkan kinerja kognitif.

Mendengarkan musik juga dapat membantu meredakan stress yang didapat karena kesulitan belajar, karena stimulus yang dihasilkan oleh musik dapat membantu kreativitas dalam belajar, sehingga metode belajar yang kamu lakukan dapat berkembang sesuai kreativitasmu. Hal tersebut bisa terjadi karena kinerja otak akan terstimulus untuk berkonsentrasi ketika kamu belajar sambil mendengarkan musik. Dengan memilih mendengarkan musik yang dapat membantu menenangkan suasana, konsentrasi belajar pun akan meningkat.

Dalam pemilihan musik sendiri, tidak semua musik efektif untuk meningkatkan konsentrasi pada pembelajaran orang dewasa. Musik instrumental seperti musik klasik, ambient, atau musik hidup sering kali lebih efektif dari pada musik dengan lirik yang dapat mengalihkan perhatian, bunyi alam seperti ombak atau hujan juga dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan membantu konsentrasi. Namun, setiap individu memiliki preferensi yang berbeda, jadi penting untuk menemukan jenis musik yang paling membantu dalam meningkatkan fokus dan dapat meningkatkan konsentrasi pribadi sendiri.

Tak jarang juga kebanyakan orang dewasa memilih musik yang memiliki ritme yang kuat dan dinamis yang dapat membantu membangkitkan energi dan meningkatkan fokus saat bekerja pada  tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti contohnya tugas proyek kompleks atau saat sedang memecahkan suatu masalah.

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa musik dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus pada pembelajaran orang dewasa, dengan pemilihan jenis musik yang tepat juga efektif dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran yang produktif. Namun, perlu diingat bahwa preferensi orang-orang berbeda dalam memandang sebuah musik. Dengan pendekatan yang tepat musik dapat menjadi aspek yang berharga dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus pada pembelajaran orang dewasa.

referensi: 

Haque, A., Sari, I. K., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh musik pop terhadap hasil belajar siswa SMA kelas XI pada topik barisan dan deret. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 15-21. 

Gaffar, F. G. M., Muhammad Hasan, S. K. M., & Marzuki, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Andragogical Content Knowledge (ACK) pada Mata Kuliah Psikologi Sosial. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(1), 2-10.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline