Strategi pembelajaran merupakan bagaimana cara guru dalam menciptakan suasana belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Seorang guru yang mampu menciptakan keaktifan peserta didik di kelas, berarti strategi yang telah dilakukan oleh guru tersebut berhasil.
Bagaimana sih cara memberi strategi pembelajaran yang mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan?
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam membangkitkan semangat belajar peserta didik nya.
Baca juga : Menjauhkan Diri dari "Keteladanan Retorika" Caraku Membangun Personal Branding di Antara Sesama Guru
Pertama, guru harus mampu memberikan beberapa motivasi dengan memberi contoh pengalaman-pengalaman yang pernah dipelajarinya. Dengan strategi itu, maka peserta didik mampu menumbuhkan sikap perhatian dalam belajar.
Kedua, guru harus bisa menciptakan tempat belajar yang nyaman dan bisa membuat peserta didik bergairah dalam belajar. Contohnya seperti apabila peserta didik mulai merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang ada di kelas, maka guru dapat mengajak peserta didik untuk belajar di luar ruangan.
Baca juga : Pembelajaran Daring Berkendala Bagi Siswa, Dimanakah Peran Orangtua Serta Guru?
Ketiga, berikan beberapa permainan. Seperti, ice breaking, senam otak, kuis, dsb. Karena dengan strategi ini akan menimbulkan keaktifan siswa di kelas. Jadi, pembelajaran di kelas tidak bersifat pasif.
Kesimpulan nya seorang guru harus bisa berfikir kreatif dan inovatif mengenai bahan apa yang akan diajarkan, cara atau teknik apa yang akan dilakukan dalam penyampaian materi pembelajaran.
Baca juga : Peran Guru dalam Mengoptimalisasi E-learning untuk Meningkatkan Literasi Peserta Didik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H