Lihat ke Halaman Asli

Septina Ayuningrum

Pelajar SMKJI

Tak Hanya Manusia yang Membutuhkan Pertolongan

Diperbarui: 4 Februari 2021   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Terjadi musibah banjir di Indonesia, salah satunya yaitu Kalimantan Selatan. Banyak hewan liar yang terjebak saat banjir merendam kawasan Kalimantan dan sekitarnya di awal tahun 2021. Seorang relawan / warganet pecinta kucing berinisiatif mengevakuasi kucing-kucing yang terjebak di tengah banjir tersebut.

Video yang diunggah akun TikTok @Indshr pada 19 Januari, memperlihatkan beberapa orang yang secara sukarela mencari kucing-kucing di tengah genangan air. Tak hanya manusia yang membutuhkan pertolongan, kucing termasuk juga makhluk hidup yang menjadi korban dari banjir. 

Relawan tersebut berjalan menyusuri jalan di tengah banjir mencari kucing yang sekiranya terjebak dan mengevakuasi kucing-kucing tersebut menggunakan perahu rakit dan wadah kotak yang terbuat dari gabus. Beberapa kucing yang terekam ditemukan di atas atap rumah warga. Tampak basah kuyup dan menggigil kedinginan. Kucing-kucing yang telah dievakuasi relawan tersebut akhirnya dibawa ke tempat yang aman dan dikeringkan bulunya serta diberi makan.

Tanda-tanda fisik hewan yang membutuhkan perawatan ke dokter adalah yang memiliki luka besar, patah kaki atau badan, muntah-muntah, mencret darah, dan suhu badan yang tak normal. Jika tidak memiliki tanda-tanda tersebut, hewan dapat dirawat sendiri.

Ada beberapa langkah untuk menyelamatkan hewan yang terjebak banjir, sebagai berikut :

  • Perhatikan lokasi
  • Tetap peralatan yang digunakan
  • Pindahkan anjing / kucing tersebut
  • Perhatikan kondisinya

cara merawat hewan setelah proses evakuasi, sebagai berikut :

  • Keringkan hewan
  • Beri makanan dan minuman perlahan
  • Hangatkan tubuh

Dengan kondisi seperti ini, pemerintah perlu memperhatikan dan memiliki standar penyelamatan satwa saat bencana, tak hanya manusia. "Mereka ini kan sama-sama mahluk hidup. Intinya, saat banjir, mahluk hidup perlu diselamatkan."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline