Lihat ke Halaman Asli

Waspada terhadap CIA

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dlm setiap melaksanakan misi nya CAI selalu menjalan kan operasi secara rahasia dan terkesan menghalalkan segara cara. CIA selalu hadir dalam setiap negara yang sedang berkomplik. Dan mendanai salah satu kelompok yang bertikai yang di peralat untuk menghancurkan kelompok lain nya. Serta menyediakan dana dan persenjataan dalam jumlah besar plus pelatihan militer.

Strategi yang di lancarkan CIA ternyata melanggar norma2 kemanusiaan dan HAM.

Kegagalan CIA di Indonesia

Kegagalan operasi CIA di Indonesia terjadi saat pecah nya pembrontakan PRRI (Pemerintahan Repolisioner Republik Indonesia), sejak akhir dekade 1950. kesabaran washingtown hilang terhadap bung Karno, sejak itu CIA berupaya menciptakan instabilitas menggoyang kepemimpinan nya. Sebuah topeng mirip bung karno di kirim ke hollywood, lalu di pakai bintang porno yang sedang in acktion, kata barry Hillanbrand wartawan time.

Film dan foto2 bung karno tersebut di sebar luaskan di Indonesia, tetapi CIA salah hitung, tak ada orang Indonesia yang terpancing.

Operasi penggulingan di awali di phonix singapura di jalankan bersama dinas intelijen inggris M16, IRD.

Begitu bungKarno mengumumkan konfrontasi terhadap malaysia, M16 dan IRD menjalankan misi untuk mendongkel nya, tugas itu di kordinasikan oleh CIA yang berkali-kali gagal melenyapkan bung karno sejak 1950an, tim ini merekrut wartawan BBC Roland challis dan wqartawan THE TIME yang berada di jakarta. Merekamenyebarkan berita yang bertujuan mengundang kebencian terhadap Bung Karno. Cara dan propagandabukan hanya melalui media masa. CIA juga menyebarkan botol2 berisikan tulisan caci maki terhadap BungKarno di sungai serawak, dengan harapan botol2 itu mengambang sampai ke indonesia.

Gagal mempermalukan soekarno, CIA mengirim senjata dan personel untuk membantu pemberontakan PRRI.Mereka melancarkan pendaratan di pantai utara pulau jawa untuk menimbulkan kesan pasukan cina mendarat di Indonesia.

CIA ikut menyertakan kantor nya di singapura mendanai PRRI,setelah bertemu pemimpin PRRI di padang tahun 1957, selama 5 bula nCIA menyuplai senjata untuk 8000 personil yang di kirim dengan kapal2 barang, kapal2 selam AS turut berpartisipasi membawa pemberontak berlatih di okinawa, saipan dan guam.

Pesawat2 yang bisa mendarat di air di kerahkan untuk menjemput pembrontak di danau singkarak. Tanggal 7 desember 1957 operasi intelijen di tingkatkan menjadi operasi militer yang di lakukan satgas Angkatan laut dari subic bay(filifina). Sejumlah kapal perang, helikopter dan pasukan marinedivision melajub ke singapura. Setelah PRRI menyatakan pisah dari Indonesia pada 15 februari 1958.

Armada fasifik AS membentuk sargas75 di singapura mengantipasi kemungkinan.

Termasuk dalam satgas kapal induk, kapal pengrusak, dan kapal penjelajah.

Menurut rencana sekitar maret 2 batalion marinir AS di daratkan di pekan baru untuk mengamankan CALTEX dan STANVAC, tetapi sebelum pendaratan terjadi pasukan Indonesia mengamankan wilayah itu, manuper yang mengejutkan AS dan PRRI.

Keterlibatan CIA di ambon

RMS (Republik maluku selatan)

Keterlibatan CIA secara langsung terkuak terkuak ketika pesawat pembom B26 di tembak jatuh di ambon 18 mai 1958, setelah menenggelamkan kapal ALRI sang pilot ALLAN POPE orang CIA yang di utus dari pangkalan clark Filiphina. Allan pope di tanggkap laludiadili dan di jatuhi hukuman mati.

AS ketakutan karena kasus POPE membuat malu presiden AS DWIGHT ELSEN HOWER. Tetapi pope tidak di exsekusi nya hanya di kenakan tahanan rumah berkat perundingan jaksa agung ROBERT KENEDY yang ke jakarta menemui Bung Karno.

saya tidak mau ini di jadikan propaganda, sekarang pergilah kamu diam2 ke AS. Jangan kelihatan di depan umum, jangan memberikan wawancara, jangan mengeluarkan pernyataan, kamu pulang saja...!!

Sembunyi, menghilang dan kita lupakan apa yang terjadi.

Kata Bung Karno

Pope pulang ke AS pada 2 juli 1962.

mungkinkah bergejolak nya timur tengah ada campur tangan oleh CIA...?





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline