Lihat ke Halaman Asli

Pulic Relation Campaign: "How to be A Good Hotelier" oleh Mahasiswa Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1430718163509058859

(Bandung) Pariwisata dewasa ini merupakan industri yang tengah berkembang pesat khususnya di kota Bandung dan sekitarnya. Ditambah lagi dengan pembangunan kota Bandung yang kini menjadi lebih ‘cantik’ pasca konferensi asia-afrika yang ke-60. Tidak hanya terpusat di kota Bandung saja, kabupaten bandung barat khususnya wilayah Lembang telah menjadi destinasi favorit para wisatawan yang biasanya adalah warga ibu kota jika sedang berkunjung ke bandung. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke daerah lembang memunculkan banyak tempat-tempat wisata yang dikembangkan atau dibangun demi memuaskan kebutuhan berwisata para pengunjung. Tempat-tempat wisata tersebut biasanya ditujukan untuk kegiatan wisata keluarga, rekreasi, wisata alam, serta wisata kuliner yang memang menjadi ciri khas kota bandung dan kabupaten bandung barat.

Berkembangnya banyak tempat wisata di kota bandung memunculkan pula fasilitas akomodasi seperti hotel dan resort. Banyak hotel-hotel yang kini tengah dalam masa pembangunan, hal ini terjadi seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota bandung sehingga para pengusaha hotel melihat itu sebagai peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Ketika hotel-hotel tersebut sudah selesai dibangun tentunya banyak membutuhkan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi tenaga kerja karena industri perhotelan merupakan industri jasa yang melibatkan banyak orang. Bisa dibayangkan bertapa banyaknya tenaga kerja yang akan diserap oleh perusahaan-perusahaan hotel tersebut. Namun walaupun banyak membutuhkan banyak SDM, pihak hotel tidak sembarang memilih karyawan, karyawan yang bekerja di hotel sedikitnya harus tahu akan seluk beluk dunia perhotelan dan bagaimana etos kerja di perhotelan. SDM yang diambil biasanya memang yang mempunyai latar belakang pendidikan pariwisata atau perhotelan seperti lulusan Universitas yang terdapat jurusan pariwisata didalamnya, sekolah tinggi pariwisata, akademi pariwisata, serta siswa SMK Pariwisata. Hal ini memunculkan persaingan diantara SDM pariwisata satu sama lain nya. SDM pariwisata dituntut untuk terampil dan kompeten sebagai senjata utama untuk menembus dunia kerja dalam industri perehotelan.

“Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensi bagi calon insan pariwisata khususnya perhotelan dimasa depan, kami mahasiswa dari program studi manajemen pemasaran pariwisata universitas pendidikan indonesia mengadakan sebuah kampanye yang bertemakan “how to be a good hotelier with tourism marketing management Indonesia University of Education” yang diadakan hari Sabtu tanggal 04 April 2015 bertempat di SMK Bina Wisata Lembang yang didalam acaranya terdapat sharing ilmu tentang kepariwisataan khususnya perhotelan dan sosialisasi tentang program studi kami yaitu manajemen pemasaran pariwisata (MPP) UPI. Acara ini dilakukan dalam rangka Public Relation Campaign yang tengah dikerjakan oleh mahasiswa MPP UPI angkatan 2013” demikan ucap Septi (19) salah satu anggota kelompok PR Campaign.

Campaign ini diadakan oleh jurusan manajemen pemasaran pariwisata upi bekerja sama dengan SMK Bina Wisata Lembang. Yang terlibat di kampanye ini adalah siswa dan siswi kelas X Akomodasi perhotelan SMK Bina Wisata Lembang yang berjumlah 43 orang. Di dalam kampanye ini terdapat berbagai kegiatas seperti sosialisasi mengenai program studi manajemen pemasaran pariwisata UPI, Penjelasan tentang Industri perhotelan dan dunia kerja didalam perhotelan serta ada sosialisasi 3G (Greeting, Grooming, Gesture) dengan melakukan simple beauty and handsome class.

didalam industri hotel kita dituntut untuk berpenampilan rapih danmenarik (Grooming) di depan konsumen serta harus bersikap ramah (greeting) dan juga bersikap baik dan teratur (gesture), ketiga hal tersebut sudah menjadi standar dalam dunia kerja perhotelan juga menjadi modal utama untuk diterima di perusahaan hotel, selain keterampilan di bidang hotel itu sendiri” ujar Billqis (19) gadis cantik yang merupakan salah satu anggota kelompok kampanye.

Selain kegiatan tersebut, para mahasiswa manajemen pemasaran pariwisata UPI juga memotivasi siswa SMK Bina Wisata Lembang untuk terus meningkatkan diri dalam mempersiapkan ke dunia kerja, serta menyadarkan bertapa pentingnya untuk melajutkan pendidikan ke  jenjang yang lebih tinggi.

“melanjutkan ke perkuliahan sangat penting untuk pengembangan diri kita mengingat persaingan yang semakin hari semakin ketat,  jika permasalahanya adalah keterbatasan biaya sudah banyak program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta, jadi kalian tidak perlu takut untuk melanjutkan pendidikan” begitu yang dikatakan Faisal (19) yang kini tengah aktif dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa di kampus UPI ini.

[caption id="attachment_414816" align="aligncenter" width="448" caption="Berfoto bersama siswa SMK Bina Wisata Lembang dalam acara Public Relation Campaign �how to be a good hotelier with tourism marketing management Indonesia University of Education� pada hari sabtu (04/04/15)"][/caption]

[caption id="attachment_414817" align="aligncenter" width="490" caption="sosialisasi mengenai program studi manajemen pemasaran pariwisata UPI (04/04/15)"]

14307182321700865698

[/caption]

[caption id="attachment_414818" align="aligncenter" width="490" caption="Sosialisasi 3G (Greeting, Grooming, Gesture) dengan melakukan simple beauty class pada siswi SMK Bina Wisata Lembang. (04/04/15)"]

14307182951561825900

[/caption]

[caption id="attachment_414819" align="aligncenter" width="490" caption="Pemberian Cinderamata oleh Faisal salah satu anggota dari kegiatan Public Relation Campaign kepada Kepala Sekolah SMK Bina Wisata Lembang pada hari sabtu (04/04/15)"]

14307183402135811003

[/caption]

Kegiatan Public Relation Campaign ini sangat disambut oleh pihak sekolah SMK Bina Wisata Lembang baik para guru dan kepala sekolah maupun para siswa siswinya yang antusias. Semoga dengan adanya kegiatan Public Relation Campaign yang diadakan oleh program studi manajemen pemasaran pariwisata UPI ini dapat ikut membantu meningkatkan motivasi dan keterampilan para peserta dan ikut serta memajukan insan pariwisata di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline