Bittersweet by Najla merupakan salah satu dessert box yang didirikan oleh Najla Farid Bisyir. Dessert box tersebut telah dikenal oleh banyak orang khususnya di media sosial sebab pemasarannya yang unik dan menggiurkan penonton. Pemasaran merupakan upaya paling penting untuk dapat mempromosikan sebuah barang jualan. Seiring perkembangan zaman, teknik pemasaran baru yang akrab dilakukan adalah periklanan secara online. Pada era yang modern ini, tentunya terdapat upaya-upaya baru yang lebih
mudah dengan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah teknik pemasaran yang dilakukan secara online. Dimana, dapat diketahui bahwa media online cakupannya sangatlah luas serta lebih mudah dilakukan karena tidak harus terjun langsung saat
memasarkan barang. Internet turut mengubah bentuk masyarakat sebagaimana yang diungkapkan oleh McLuhan bahwa kekuatan internet memungkinkan umat manusia hidup di dalam dunia yang disebutnya sebagai desa global (global village) (Piliang, 2011).
APJII (2017) melakukan survey terhadap pertumbuhan pengguna internet diIndonesia. Berdasarkan survey tersebut menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia selalu meningkat dalam menggunakan internet. Pesatnya kemajuan internet digunakan perusahaan atau usaha lain untuk melakukan kegiatan memasarkan produk melalaui iklan-iklan di internet yang dapat dijangkau oleh banyak masyarakat dari berbagai negara (internasional). Pemasangan iklan secara online dapat ditemukan dalam
media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube, Website, dan lain lain yang diakse dengan menggunakan internet. Pemasaran meliputi aktivitas -- aktivitas yang berkaitan dengan penjualan, pengiklanan, promosi serta penentuan harga.
Internet marketing atau e-marketing atau online marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau mtttenggunakan media Internet atau jaringan "www". Komunikasi pemasaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam keseluruhan misi pemasaran sebagai penentu suksesnya sebuah pemasaran. Salah satu bentuk pemasaran online yang saat ini rama dibincangkan oleh masyarakat yaitu Bittersweet by Najla. Dimana, Najla sebagai produsen makanan tersebut memasarkan produk makanannya dengan sangat menarik melalui video-video yang diunggah di TikTok. Najla juga melakukan iming-iming kepada penonton jika ia akan memberikan produk makanannya secara gratis kepada para pengikutnya yang ingin mencoba produknya. Sehingga, hal itu membuat penonton tertarik untuk membelinya.
Produk Bittersweet by Najla dikenal oleh banyak orang khususnya di media sosial seperti tiktok, bukan hanya semata-mata karena promosinya yang gencar dilakukan di akun bittersweet by Najla. Namun, Najla juga menggunakan jasa artis-artis atau selebtok terkenal untuk turut serta mempromosikan produknya. Promosi yang dlakukan tersebut dinamakan sebagai endors. Sehingga, dari endors tersebutlah yang membuat produknya bisa dikenal oleh banyak kalangan dan telah memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia dan telah memiliki 6 outlet yang setiap harinya telah memproduksi 3000 dessert box.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Najla ini memang patut diacungi jempol sebab ia mampu "menyihir" penonton untuk membeli produknya melalui video-video yang dibuat di akun tiktok @bittersweetbyNajla. Selain promosi melalui unggahan video
di tiktoknya, ia juga gencar melakukan promosi di live tiktok dengan iming-iming mendapatkan harga yang murah hingga Rp.6000,00 dan penontonnya pun mencapai 1k setiap ia melakukan siaran langsung di akun tiktok tersebut. Salah satu suksesnya
bittersweet by Najla juga karena ia selalu konsisten membuat video setiap harinya, sehingga tidak heran banyak pengguna tiktok yang tertarik dengan produknya.
Sumber rujukan
Fadilah, J. (2019). Strategi Periklanan Online Shop Garasi Barokah di Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi, 10(1), 19-25
Mubarok, I. R. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
(Studi Kasus Pada Online Shop Laila Branded Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN
PONOROGO).
Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam
Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28-36.
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., & Solihin, E. H. (2020). Pemasaran Online
Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sains Manajemen, 2(1), 15-23.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H