Lihat ke Halaman Asli

Septiana Dwi Kusuma Wardani

Mahasiswa KKN BTV 3 Universitas Jember

Mahasiswa KKN BTV 3 Universitas Jember Bersama UMKM Rujak Dongkrak Pemasaran di Era Digitalisasi

Diperbarui: 29 Agustus 2021   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rujak Mbak Mimin's (Dokpri)

Jember (29/08/2021) merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten tersebut memiliki beragam jenis UMKM yang tersebar diseluruh kecamatan. Salah satunya yakni di Desa Sempusari, Kecamatan Kaliwates yang memiliki UMKM Rujak Mbak Mimin's. Pandemi Covid-19 menyebabkan hampir seluruh sektor mengalami kemacetan, salah satunya yakni sektor perekonomian. 

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 pelaku usaha UMKM rujak tersebut mengaku mengalami penurunan pendapatan yang dihasilkan. Permasalahan tersebut berasal dari kurangnya branding pada produk Rujak dan juga pemasaran yang masih berlingkup di lingkungan UMKM tersebut. 

Sebagai salah satu mahasiswa pemegang pilar dalam mengabdi pada masyarakat yakni melalui mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata), Universitas Jember menerapkan program KKN Back To Village yang ke 3 pada tahun 2021 yang diselenggarakan selama 30  hari sejak tanggal 14 Agustus hingga 9 september 2021. 

Program tersebut dicanangkan dengan harapan mahasiswa tetap mengabdi pada masyarakat sekaligus mengurangi timbulnya claster baru COVID-19 sehingga pelaksanannya dilakukan secara mandiri di lingkungan sekitar rumah masing-masing.

Alasan tersebut menjadikan saya, Septiana Dwi Kusuma Wardani sebagai mahasiswa KKN Back To Village 3 Universitas Jember melakukan KKN di wilayah Desa Sempusari tepatnya pada UMKM Rujak Mbak Mimin's. 

 Permasalahan yang telah diidentifikasi, kemudian dibuat beberapa program kerja yang mendongkrak meningkatnya pendapatan yang akan dihasilkan. Program kerja tersebut meliputi inovasi branding dalam pembuatan logo dan pamflet guna menarik konsumen dalam membeli, selain itu diadakan proses pengambilan foto dan video produk.

Selain pemotretan makanan produk, dilakukan penambahan logo sebagai bentuk branding yang mudah dikenal oleh masyarakat. Program lainnya yakni adanya promosi melalui beberapa media sosial seperti Whatsapp, Instagram dan Go-Food. 

Hal tersebut diharapkan lebih meluasnya jangkauan pemasaran yang didapatkan oleh UMKM Rujak Mbak Mimin's. beberapa program kerja tersebut penulis berharap dapat membantu mendongkrak peningkatan penjualan yang didapatkan setelah dijalankannya program KKN tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline