Lihat ke Halaman Asli

Septiana Dewi

Mahasiswa Surabaya

Apa Sih Skateboard? Permainan yang Hitz di Kalangan Anak Muda

Diperbarui: 16 Februari 2024   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Skateboard merupakan permainan menggunakan papan yang memiliki empat roda untuk meluncur. Skateboard diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Skateboard pertama kali dijual pada tahun 1959 oleh Chicago Roller Skate Company. Pada tahun 2004, International Association of Skateboard Companies (IASC) menetapkan 21 Juni sebagai hari skateboard sedunia. Skateboard telah menjadi cabang olahraga baru pada Olimpiade Tokyo 2020.

Papan skateboard dengan kualitas terbaik terbuat dari tujuh lapis kayu maple. Skateboard sendiri memiliki beberapa ukuran. Umumnya, papan skateboard untuk dewasa memiliki deck berukuran 7,5 inch -- 8 inch. Jenis skateboard dapat didesain untuk pemula hingga pemain skateboard profesional. Jenis skateboard yang paling umum dikenal adalah cruiser skateboard, Double-Kick Popsicle Skateboard, Carve Skateboard, Classic Longboard Skateboard, dan Downhill Longboard Skateboard.

Skateboard banyak digemari oleh remaja karena menurut pandangan mereka permainan skateboard dapat mengekspresikan kebebasan dan memberikan makna melalui gerakan atau trik yang mereka tunjukan ketika bermain skateboard. Skateboard sendiri dikalangan remaja identik dengan sebutan aktivitas keren dan mampu memberikan citra anak muda yang aktif dan bebas.

Desain pada papan skateboard juga berbeda-beda sesuai dengan ide, kreativitas, dan kegemaran dari pemilik papan skateboard. Banyak dari pemain skateboard mendesain papan skateboard dengan gambar kartun, tulisan, kolase, lampu led dan lain-lain. Lampu led biasanya sangat sering digunakan oleh pemain skateboard pada malam hari. Selain dapat menjadi hobi keren remaja, perawatan papan skateboard tidak perlu biaya mahal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline