Lihat ke Halaman Asli

Kreasi Gantungan Kunci dari Kain Flanel di SMPN 2 Mirit

Diperbarui: 8 Agustus 2023   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 tahun 2023 melakukan sosialisasi dan pelatihan membuat gantungan kunci dari kain flanel. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari kelas 8 dan 9 Siswa SMPN 2 Mirit (24/7/2023).

Kain flanel merupakan salah satu bahan yang mudah ditemukan dan mudah di bentuk untuk dijadikan kerajinan tangan. Gantungan kunci bisa menjadi salah satu ide yang bisa di buat menggunakan kain flanel. Gantungan kunci dapat dijadikan sebagai souvenir, kado ataupun hadiah. Lalu bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flanel??? Simak cara berikut ini.

Alat dan bahan yang diperlukan yaitu kain flanel, ring gantungan kunci, dakron atau kapas, manik-manik, gunting, alat jahit, dan lem.

Dokumentasi pribadi

Pembuatan dilakukan dengan membuat pola terlebih dahulu di kertas atau langsung pada kain flanel. Kemudian gunting kain flanel sesuai dengan pola. Gabungkan kedua lembar kain sesuai bentuk dan jahit sekelilingnya. Masukkan dakron ke dalam kain flanel dan tutup lubang dengan di jahit. Lem manik-manik atau ornamen yang mendukung bentuk karakter. Terakhir pasang ring gantungan kunci dengan cara di jahit.

Penulis: Septiana Triutami (20/461086/BI/10637)

Mahasiswa Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada

Dosen Pembimbing Lapangan KKN: Ir. Yogi Sidik Prasojo, S.Pt., M.Agr., Ph.D., IPP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline