Lihat ke Halaman Asli

septiambar

Penulis, Penggiat Parenting dan Pekerja Sosial

Gajah pun Jengah dan Marah

Diperbarui: 14 Mei 2016   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi anak gajah dan induknya yang mati. timesIndonesia.co.id

Manusia mati meninggalkan nama, Harimau mati meninggalkan belang dan Gajah mati meninggalkan gading. Sepertinya pepatah yang sering kita dengar itu tak pas jika menggambarkan berita di media. Gajah mati meninggalkan duka mendalam bagi korban dan keluarga korban karena amukan Gajah di Wonogiri. 

Seorang dokter hewan cantik yang bertugas dikebun binatang objek wisata Gajah Mungkur Kabupaten wonogiri harus kehilangan nyawa di usia yang masih belia. Menurut sumber berita korban berusia 25 tahun. Naas hari itu gajah yang biasa menjadi pasiennya tetiba mengamuk membabi buta. Menurut berita hal itu disebabkan karena kilatan lampu blitz kamera sang dokter yang ingin berfoto dengan Gajah itu.

Lain lagi kasus Gajah terjadi di Bandung, seekor gajah harus mati dengan kondisi mengenaskan karena kurang perawatan. Gajah yang ceritanya bernama Yani itu sempat seminggu mengalami kelumpuhan hingga harus mati sebelum tim medis yang dikirim untuk memeriksanya selesai menjalankan tugas untuk mendiagnosis penyakitnya. 

Yani mati dengan cara mengenaskan, ia harus terbaring lama karena sakit, bahkan kulitnya sebagian sudah mengelupas karena lama terbaring di atas tumpukan terpal. Menyeruak kabar bahwa Yani yang sudah lama berada di kebun binatang itu, dan sudah sejak lama ia pun sakit. Menurut kabar berita pihak kebun binatang tidak memiliki dokter hewan di sistem kelola kebun binatangnya. 

Kehadiran dokter hewan di sebuah kebun binatang menurut saya adalah sebuah keharusan, karena banyaknya koleksi hewan tentu membutuhkan perawatan yang tidak main-main.

Kedua kasus diatas seolah ada benang merahnya, meskipun secara langsung tidak ada hubungan sama sekali. Dua tempat berbeda, dua peristiwa berbeda, dua korban berbeda. Tapi coba kita urai satu per satu benang merah yang saya maksudkan.

Gajah adalah makhluk hidup seperti halnya manusia, ia makan, minum, buang air, bergerak, beranak pinak, tumbuh dan berkembang biak. Bedanya dengan manusia hewan hanya memiliki insting tetapi tidak memiliki keinginan dan kehendak seperti halnya manusia. Meski begitu terkadang hewan memiliki sifat asih dan penyayang. 

Lihat saja segarang-garangnya hewan seperti harimau dan singa jika memperlakukan anaknya begitu sayang dan perhatian. Sejak lahir anaknya di rawat dengan baik, dicarikan makan, di peluk jika kedinginan, dan diajarkan bagaimana menjadi harimau atau singa dewasa nantinya. Agar bisa menjaga diri dan bertahan dalam kehidupan. 

Gajah pun demikian makhluk besar ini adalah salah satu hewan cerdas yang memiliki keistimewaan. Disamping ciri khas fisik yang besar, gajah juga memiliki otak yang cerdas dan pintar. Keberadaan Gajah di beberapa kebun binatang di seluruh Indonesia menjadi hal yang menarik. Tetapi pernahkah kita tahu bahwa Populasi gajah di negeri ini terancam?

Menurut data dari WWF Indonesia keberadaan gajah terutama gajah Sumatra mendekati titik kritis, dalam kurun waktu satu dekade kurang lebih ada 129 gajah mati karena diburu. Beragam cara dilakukan para pemburu untuk membunuh gajah-gajah ini, menurut sumber data yang sama ada sebagian gajah mati karena dibunuh, di racun dan ditembak menggunakan senjata. 

Populasi gajah yang sejak tahun 1985 sudah mengalami penurunan drastis terancam keberadaannya. Bukannya semakin membaik tetapi sejak saat itu hingga sekarang populasi gajah ini semakin turun dan mengenaskan. Konon menurut sumber berita gajah-gajah mati ini diburu demi mendapatkan Gading yang ceritanya bernilai tinggi dan mahal. Untuk sebagian pemburu tentu saja hal ini menggiurkan karena mendatangkan rupiah yang tidak sedikit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline