Sistem pengendalian manajemen adalah serangkaian kegiatan dan peraturan-peraturan dari sub-sub sistem yang menjadi satu-kesatuan untuk kegiatan organisasi ataupun perusahaan guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Lalu, apa sajakah sub-sub sistem tersebut? Mari kita simak.
Sub-sub sistem yang terdapat di sistem pengendalian manajemen seperti planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pengarahan), controlling (pengendalian), dan evaluating (evaluasi). Berikut penjelasan dari sub-sub sistem tersebut :
1. Planning (Perencanaan)
Perencanaan manajemen merupakan sebuah proses untuk menentukan aktivitas, langkah-langkah yang harus diambil, dan menetapkan tujuan, untuk mendapatkan hasil tujuan tersebut. Dengan perencanaan yang baik, maka perusahaan akan dapat mengoptimalkan sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang dimiliki perusahaan.
2. Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian merupakan pengelompok yang lebih mengarah kepada beberapa hal seperti sumber daya, keuangan, dan keadaan dalam struktur perusahaan yang efisien dan efektif. Dari pengorganisasian kita akan mendapatkan kerangka kerja yang jelas guna untuk melaksanakan tugas-tugas untuk mencapai tujuan.
3. Actuating (Pengarahan)
Pengarahan merupakan sistem yang sangat penting dalam pengendalian manajemen, dengan pengarahan yang baik maka akan terciptanya lingkungan kerja yang baik, hubungan yang harmonis, kekompakan dari setiap tim, dan memotivasi anggota serta memberikan keefektifan dalam bekerja.
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian dalam hal ini lebih berpusat kepada mengarahkan, mengkoordinasikan, dan mengontrol kegiatan-kegiatan yang berjalan di perusahaan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Jika pengarahan dilakukan dengan baik, maka perusahaan akan lebih cepat dalam mengidentifikasi masalah.