Lihat ke Halaman Asli

Sephira Adinda Maharani

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Pentingnya Character Building: Membangun Pondasi Kepribadian yang Kokoh

Diperbarui: 7 Agustus 2023   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kepribadian merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kepribadian seseorang itu akan mencerminkan berbagai nilai, sikap, perilaku, dan kualitas moral yang dimiliki. Dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin berkembang (modern), karakter yang baik menjadi semakin penting. Inilah mengapa pentingnya Character building dalam kepribadian seseorang .

Lalu apa Itu Character Building?

Dalam segi bahasa Character building itu terdiri dari 2 suku kata yakni build dan character. build berati membangun,membina,mendirikan ,lalu character yang berati karakter,akhlak,sifat serta watak seseorang.jadi dapat disimpulkan bahwa character building adalah proses pengembangan dan pembentukan karakter seseorang melalui pengalaman, nilai-nilai, dan pendidikan  untuk membentuk individu menjadi pribadi yang berintegritas, bertanggung jawab, empatik, dan memiliki moral yang kuat. Namun, Character building tidak hanya berkaitan dengan moralitas lho, tetapi juga mencakup sikap positif, kemampuan beradaptasi, serta kekuatan mental dan emosional.

Mengapa Character Building itu penting?

Zaman saat ini adalah zaman modern ,zaman yang teknologi semakin maju serta banyaknya hal hal yang lebih maju.character building sangat diperlukan pada zaman saat ini. membangun character di zaman ini berguna untuk membangun sikap atau karakter  yang baik .sikap atau karakter yang baik itu yaitu :

1.Membangun Integritas dan Kejujuran: Karakter yang kuat didasari oleh integritas dan kejujuran. Individu dengan karakter baik akan mampu mengambil keputusan yang benar, bahkan jika sulit, karena mereka memiliki prinsip-prinsip yang kokoh.

2.Meningkatkan Hubungan Sosial: Seseorang dengan karakter baik cenderung lebih disukai oleh orang lain. Mereka mampu membentuk hubungan yang lebih kuat dan positif dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan masyarakat secara umum.

3.Dapat Mengatasi Tantangan: Karakter yang baik membantu seseorang menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik. Mereka memiliki ketahanan mental yang kuat, kemampuan untuk belajar dari kegagalan, dan tekad untuk terus maju.

4.Mampu Membangun Empati dan Kepedulian: Character building membantu mengembangkan empati dan rasa peduli terhadap orang lain. Ini mengarah pada hubungan yang lebih baik dengan orang lain dan kontribusi positif terhadap masyarakat.

5.Menjadi Pemimpin yang Berkualitas: Pemimpin yang baik memiliki karakter yang kuat. Mereka dapat memberi teladan yang positif, memotivasi orang lain, dan mengambil keputusan yang berdasarkan prinsip.

Untuk mewujudkan sikap atau karakter baik maka diperlukannya cara mewujudkan karakter tersebut.cara mewujudkan character building adalah sebagai berikut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline