Lihat ke Halaman Asli

Sephia Dyah Aulia

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Seminar Kesehatan: Program Kerja Mahasiswa Asistensi Mengajar PJKR UM SMA Negeri 1 Purwosari 2024

Diperbarui: 9 Juni 2024   18:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Asistensi Mengajar SMANESA 2024

Asistensi Mengajar di satuan pendidikan merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa secara kolaboratif dibawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing lapangan di satuan pendidikan formal. Kegiatan Asistensi Mengajar (AM) dilaksanakan selama 1 semester yang setara dengan 20 sks. 

Kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan untuk turut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru/fasilitator/pelatih/pendamping di satuan pendidikan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai dengan perkembangan IPTEK.

Sumber: Asistensi Mengajar SMANESA 2024

Sesuai dengan esensi dari kegiatan Asistensi Mengajar tersebut, maka mahasiswa Asistensi Mengajar dari departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Unversitas Negeri Malang (UM) mengadakan sebuah acara yaitu seminar kesehatan. Kegiatan ini diadakan pada hari senin tanggal 6 mei 2024 pada saat jam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga (PJOK) yang bertempat di Graha Baskara SMA Negeri 1 Purwosari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI E1 yang berlangsung selama 2 jam.

Seminar kesehatan ini mengusung tema "A Great Youth with Healthy Life" yaitu masa muda dengan kehidupan yang sehat. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya menjaga kesehatan bagi manusia. Pemateri pada kegiatan ini yaitu Ibu Laras Putri Gamagitta, S.Keb.,Bd.,M.Keb. yang merupakan salah satu dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang (UM).

Sumber: Asistensi Mengajar SMANESA 2024

Seperti yang dikatakan oleh siswa bernama Gilang "baru kali ini ada mahasiswa yang mengadakan acara seminar di sekolah ini". Dengan kata lain, mahasiswa mengadakan acara seperti ini dapat menumbuhkan rasa penasaran siswa hingga siswa bersemangat dalam rangkaian acara tersebut. Selain itu, beberapa siswa terkadang bertanya kepada mahasiswa AM "bu, kapan diadakan seminar lagi?" sehingga mahasiswa merasa jika siswa sangat berantusias dengan kegiatan seperti itu. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat dari antusias seperti itu, selain untuk menambah pengetahuan siswa, siswa juga memperoleh wawasan baru tentang isu-isu terkini dari dunia kesehatan.

Sumber: Asistensi Mengajar SMANESA 2024

Kegiatan seminar kesehatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti Ibu kepala Sekolah yaitu Ibu Trisnurini Tantrianingrum, S.Pd. dan beberapa wakil kepala sekolah serta guru pamong dari mahasiswa departemen Pendidikan Biologi dan departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline