Lihat ke Halaman Asli

Vinsensius Bahagia Mawar

Guru SMP Negeri 7 Cibal

Menyusun Cerita Praktik Baik Menggunakan Metode STAR (Situasi,Tantangan, Aksi, Refleksi, Hasil dan Dampak) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita

Diperbarui: 19 Februari 2024   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh

Vinsensius Bahagia Mawar

Lingkup Pendidikan   : SMP

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita yang sesuai dengan Struktur dan Aspek Bahasa yang tepat dengan Model

Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Digital

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?, dan apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Pembelajaran menulis Teks Berita bertujuan untuk melatih siswa dalam memaparkan informasi yang terkait dengan unsur 5W+1H dalam bentuk Teks Berita. Pembelajaran menulis Teks Berita di SMP Negeri 7 Cibal biasanya menggunakan bahan ajar yang monoton dan tidak variatif. Guru menggunakan bahan ajar teks berita yang ada di dalam buku teks karena lebih praktis dan tanpa persiapan. Hal itu kurang sesuai dengan kondisi peserta didik dimasa kini, membuat mereka kurang mempunyai referensi informasi yang nyata. Misalnya, ketika menulis teks berita peserta didik diberikan tema tentang pendidikan, peserta didik dapat menggunakan media media cetak, youtube, dan berita online. Dengan demikian, bahan ajar yang digunakan guru lebih kontekstual yang membuat peserta didik memiliki pengalaman nyata dalam menggali informasi untuk dijadikan bahan informasi dalam menulis teks berita.

Penggunaan model Project Based Learning (PJBL) membuat peserta didik lebih aktif dan hasil pembelajaran berupa projek atau produk nyata bukan sekadar konsep atau teori. PjBL juga sangat direkomendasikan untuk implementasi kurikulum 2013, karena dengan PjBL peserta didik dapat mendesain proses untuk menentukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang diajukan selain itu peserta didik secara kolaboratif bertanggung jawab untuk mengakses dan mengelola informasi untuk memecahkan masalah. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah melaksanakan praktik pembelajaran secara optimal di kelas dengan mengolaborasikan penggunaan model pembelajaran PjBL dan pemilihan media pembelajaran berbasis digital sehingga tujuan pembelajaran dan hasil capaian peserta didik dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline