Lihat ke Halaman Asli

Senny Pellokila

Kebun binatang safari

Belajar dan Pintar Belum Tentu Bisa Memilih Jawaban Pilihan Ganda dengan Tepat

Diperbarui: 1 Oktober 2023   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

nanang.com

Maudy Ayunda mengusulkan hal yang bagus karena melihat siswa tidak akan belajar kalau hanya soal pilihan ganda dibanding soal uraian. Karena tidak belajarpun mereka bisa menjawab dengan benar. Sedangkan untuk soal essay pada waktu orang menjawab asal saja maka ketahuan bahwa dia tidak belajar.

Pernyataan ini bisa benar tapi dari pengalaman saya yang sering membuat soal pilihan ganda, maka yang belajar dan pintarpun belum tentu menjawab dengan tepat soal pilihan ganda karena semua jawabannya hampir mirip, walaupun sudah belajar butuh ketenangan dan kecermatan, dan itu sulit karena menjawab setiap soal selalu ada batasan waktunya.

Untuk membuat jawaban yang mirip dalam pilihan ganda, itu sulit bagi pembuat karena dia harus mencari jawaban-jawaban yang hampir sama padahal hanya satu yang benar, sedangkan dibanding membuat soal esaay maka akan sangat mudah.

Saat ini saya dosen agama Kristen, dan saya selalu membuat soal pilihan ganda dengan  pilihan jawaban  a, b, c dan d yang hampir mirip semuanya.

Misalnya pertanyaan yang mudah. Siapa manusia yang berbuat dosa dan menyebabkan seluruh umat manusia berdosa karenanya ? A. Adam dan Hawa. B. Hawa. C. Adam. D. Manusia.

Bagi orang yang belajar tentu dia akan bingung terutama memilih option a, b dan c. ini bukan hal yang mudah bagi para mahasiswa yang sudah bekajar tapi tidak teliti, sedangkan dibanding soal essay mereka belajar sedikitpun mereka bisa mengarang dan harus ada nilai walaupun salah karena menghargai apa yang mereka kerjakan.

Atau mislanya soal berikut yang kelihatan mudah juga. Apa pengertian Tri tunggal yang tepat ? a. Satu Allah dalam tiga peran.  b. Tiga pribadi tetapi satu Allah. c. Tiga Allah tapi satu pribadi. d. Satu pribadi tetapi tiga Allah.

Untuk pertanyaan ini banyak yang  bingung kalau dia tidak tenang dan teliti, apalagi kalau waktu menjawabnya singkat dan semua  jawaban mirip seperti ini, maka butuh konsentrasi penuh padahal orang hanya bisa kosentrasi penuh palingan 25 menit lebih dari  itu kosentrasinya berkurang, nah bagaimana bisa memilih jawaban-jawaban yang mirip seperti ini kalau diatas 25 menit.

Maka soal plihan ganda itu bukan lebih mudah dari pada soal essay, membuatnya jauh lebih sulit dan mereka yang menjawabpun  sulit walaupun sudah belajar, kecuali bagi pembuat soal yang malas maka dia akan memberikan jawaban tidak perlu mirip sehingga pada waktu orang membaca pertanyaan langsung tahu mana jawaban yang tepat.

Oleh karena itu kepada Maudy Aunda yang masih muda dan belum  pengalaman coba buatlah soal-soal pilihan ganda yang jawabannya mirip semuanya, sepuluh soal saja, saya rasa dibutuh waktu lebih dari satu hari maka jangan banyak bicara kalau belum melakukan. Makasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline