Lihat ke Halaman Asli

Menyulut Semangat Baru dan Mewujudkan Perubahan Positif dalam Dunia Pendidikan (Asistensi Mengajar UM 2024)

Diperbarui: 31 Mei 2024   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

       Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, peran pendidikan dalam membentuk masa depan bangsa menjadi semakin krusial. Universitas Negeri Malang (UM) melalui program Asistensi Mengajar Mahasiswa UM 2024, hadir sebagai salah satu solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan dukungan langsung kepada para guru di sekolah-sekolah, tetapi juga untuk menyulut semangat baru dan mewujudkan perubahan positif dalam dunia pendidikan. 

       Program Asistensi Mengajar Mahasiswa UM 2024 dirancang untuk melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah. Mahasiswa berperan sebagai asisten guru, membantu dalam penyusunan materi ajar, dan memberikan bimbingan tambahan kepada siswa. Program Asistensi Mengajar ini dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan dimulai pada tanggal 19 Februari 2024 sampai dengan 14 Juni 2024 yang didalamnya meliputi kegiatan akademik dan non akademik.

      SMEKAPRIDA, singkatan dari SMK PGRI 2 dengan slogan yang selalu ditanamkan yaitu disiplin, bersahabat, dan beretika berlokasi di Jl. Janti Barat Blk. A No.24, Bandungrejosari, Kec. Sukun, Kota Malang. Disitulah lokasi dimana kami, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UM salah satu prodi yang melaksanakan Asistensi Mengajar di sekolah tersebut. 

       Terdapat 2 kegiatan yang telah kami laksanakan yaitu akademik dan non akademik. Kegiatan bersifat akademik yaitu pembuatan dan penyebaran need assessment, pembuatan Rencana Pemberian Layanan (RPL), pembuatan program semester, kegiatan praktik layanan bimbingan baik kelompok maupun klasikal, dan kegiatan praktik layanan konseling baik individu maupun kelompok. Sedangkan kegiatan yang bersifat non akademik membantu pelaksanaan open house, berbagi takjil, membantu persiapan halal bihalal, pembuatan mading, dan pembuatan kotak dialog.

        Terkait kegiatan akademik dan non akademik yang telah dilakukan, selain itu, kami juga melaksanakan kegiatan administrasi sekolah yang dirancang bersama-bersama dengan semua mahasiswa Asistensi Mengajar diantaranya yaitu melaksanakan piket harian di front office, ruang guru, perpustakaan, larista, BKK, dan ruang BK yang dilaksanakan secara bergilir.

         Pembuatan mading dan kotak dialog menjadi program kerja kami dengan tujuan menyulut semangat baru dan berkontribusi menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan. Melalui kedua program tersebut, peserta didik dapat mendapatkan semangat baru karena merasa didukung  secara pribadi, sosial, dan akademis sehingga lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar. Selain itu, kolaborasi antara mahasiswa Bimbingan dan konseling dengan Guru BK yang melaksanakan program ini secara maksimal akan menunjukkan komitmen untuk terus berinovasi dan mendorong perubahan positif yang berkelanjutan

Dokpri

Dokpri

               Begitu banyak cerita yang tak terlupakan telah kami alami di SMK PGRI 2 Malang ini menjadikan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami karena dapat menyimpan kenangan yang indah selama ini. Rasa terimakasih kami tujukan kepada Universitas Negeri Malang yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menimba ilmu melalui kegiatan Asistensi Mengajar ini. Tak lupa pula rasa terima kasih yang kami tujukan kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Rizka Apriani, S. Pd, M. Pd, dan Guru Pamong Ibu Naya Sintiawan, S.Pd yang telah membimbing dan mengarahkan kami serta terima kasih kepada seluruh bapak dan ibu guru dan rekan-rekan Asistensi Mengajar di SMK PGRI 2 Malang.

Hormat kami, mahasiswa Asistensi Mengajar prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang:

- Amelia Eka Salsabilla

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline