Lihat ke Halaman Asli

Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Disusun oleh Seniwati,S.Pd.I CGP Angkatan 10 Kabupaten Rokan Hulu

Diperbarui: 29 Mei 2024   00:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Koneksi Antar Materi Modul 1.4

Filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara

Menurut KHD,Tujuan pendidikan adalah Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat

KHD menjelaskan bahwa pendidikan hendaknya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman siswa sehingga pendidikan tidak bersifat statis tetapi dinamis,Gagasan KHD terkait Semboyan Ing NgarSO sung tulodo,Ing Madyo Mangun Karso ,Tut wuri Handayani tidak hanya merupakan slogan dan kata kata indah semata namun bertujuan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter profil pelajar pancasila

Nilai dan peran guru penggerak

Dari pernyataan KHD tersebut seorang guru harus mempunyai nilai dan menjalankan perannya agar mampu memotivasi muridnya menuju kebahagiaan setinggi-tingginya melalui proses pembelajaran 

Nilai-nilai Guru penggerak

  • Berpihak pada murid
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Reflektif
  • Inovatif
  • Kolaboratif

Peran guru penggerak

  • Menjadi pemimpin pembelajaran
  • Menjadi Coach bagi guru lain
  • Mendorong kolaborasi
  • Mewujudkan kepemimpinan murid 
  • Menggerakkan komunitas praktisi

VISI GURU PENGGERAK 

Dalam mewujudkan suatu perubahan diperlukan Visi dan langkah-langkah yang tepat dalam pelaksanaannya .Visi akan terwujud jika terdapat kerjasama dengan semua warga sekolah. oleh karena itu diperlukan langkah konkret dengan menggunakan metode inquiry apresiatif dengan tahapan BAGJA 

5 TAHAPAN BAGJA 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline