Lihat ke Halaman Asli

Sendy Andriansyah

Mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti

Pembagian Departemen Hotel

Diperbarui: 15 Februari 2024   14:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber Rencanamu.id)

Hotel adalah usaha di bidang jasa yang menyewakan kamar per kamar serta restoran yang buka 24 jam untuk memenuhi kebutuhan tamu dan terdapat struktur organisasi yang berbeda sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Bagian-bagian hotel di bagi menjadi 2 yaitu Back Office dan Operasional.Back office adalah bagian yang bekerja di office dan biasanya tidak bertemu langsung dengan tamu yaitu : Sales & Marketing, Human Resource, dan Finance. Sedangkan Operasional adalah bagian yang berhubungan dan bertemu langsung dengan tamu yaitu : Front Office, Housekeeping, Kitchen, Engineering, Security, dan Food & Beverage Service.

Berikut adalah tugas dan wewenang bagian Operasional yang terdapat di hotel :

1.Kantor Depan (Front Office)

Bagian ini adalah bagian yang paling penting karena yang paling pertama bertemu dengan tamu. Front Office harus bersih, rapi, wangi untuk memberikan kesan pertama yang baik kepada tamu. Sebagai kantor depan Front Office bertugas untuk Check In dan Check Out tamu. Oleh karena itu, harus memiliki sifat ramah dan bisa membantu permasalahan yang dihadapi oleh tamu.


2.Makanan dan Minuman (Food & Beverage)

Memiliki tugas untuk menyiapkan penyediaan makan dan minum yang ada di restoran untuk siap di hidangkan ke tamu. Terdapat juga layanan Room Service yaitu antar makanan langsung ke kamar bagi tamu yang tidak mau turun ke restoran.

3.Tata Graha (Housekeeping)

Bagian ini memiliki tugas untuk menjaga, merawat dan membersihkan seluruh area hotel dari bagian luar maupun dalam hotel. Kebersihan kamar dan  area hotel menjadi tugas utama housekeeping.

4.Pemeliharaan (Engineering)

Menjaga dan merawat fasilitas, peralatan dan seluruh bagian hotel menjadi tugas utama engineering mulai dari perbaikan kecil maupun yang besar. Biasanya engineering memiliki proyek harian untuk bagian yang rusak agar di perbaiki berdasarkan informasi departemen lain atau tamu.

5.Keamanan (Security)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline