Lihat ke Halaman Asli

Sendy Andriansyah

Mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti

Pentingnya Saling Menghargai Kebudayaan

Diperbarui: 4 Maret 2022   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut kalian apa itu kebudayaan, toleransi dan mengapa di Indonesia sangat Penting Saling Menghargai Antar Kebudayaan?

     PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh umat manusia, baik yang berupa benda (Tangible)  maupun yang berupa nilai (Intangible).

Budaya atau kebudayaan dapat diartikan juga secara umum adalah sesuatu yang sudah ada dari dahulu yang berkembang mengikuti perkembangan zaman dan di miliki oleh suatu daerah dan diwariskan ke generasi berikutnya. Contohnya seperti adat ‘Tanjidor' yang ada di Jakarta yang akan dilaksanakan ketika acara melamar.

Gaya hidup juga termasuk dalam kebudayaan, setiap daerah di Indonesia pasti memiliki gaya hidup yang berbeda. Misalkan gaya hidup orang kota dengan desa pasti berbeda. Gaya hidup ini juga berkembang sesuai perkembangan zaman dan teknologi. Dengan perkembangan zaman yang begitu cepat membuat budaya luar pun masuk ke Indonesia termasuk style dalam berpakaian dan gaya hidup. Contohnya banyak orang Indonesia yang rambutnya di warnai orange, memakai pakaian mini dan makan-makanan cepat saji seperti burger, pizza, hotdog dll.

Sedangkan menurut beberapa ahli Kebudayaan adalah sebagai berikut :

1. Malinowski
Budaya adalah keseluruhan Kehidupan manusia yang integral yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya Manusia, Keyakinan, dan Kebiasaan Manusia.

2. E.B Tylor
Kebudayaan adalah Keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan. keyakinan, seni, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan serta kebiasaan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota.

Budaya akan terus berkembang baik secara lambat maupun cepat sesuai perkembangan teknologi. Budaya sendiri memiliki fungsi, salah satunya adalah untuk mempelajari warisan nenek moyang dan terus mengajarkan ke generasi berikutnya agar tidak terhenti dan punah. Makanya kita sebagai generasi muda harus bisa bangga dan meneruskan budaya Indonesia khususnya sesuai asal daerah kita. Jangan pernah malu untuk mempelajari budaya dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Berikut adalah fungsi kebudayaan:

1. Kebudayaan berfungsi untuk menjadi pedoman hidup berperilaku.
Contohnya dalam bentuk nilai, norma, dan kaidah.

2. Kebudayaan juga berfungsi untuk unsur atau media yang bertujuan untuk menciptakan teknologi untuk hidup manusia.
Menurut Soerjono Soekamto, terdapat 7 unsur dalam teknologi yaitu senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian serta perhiasan, rumah tempat berlindung, dan moda transportasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline